facebook

4 Manfaat Utama Mengapa Harus Mulai Mempertimbangkan Penggunaan E-Wallet

Fadly Burahima
4 Manfaat Utama Mengapa Harus Mulai Mempertimbangkan Penggunaan E-Wallet
Ilustrasi E Wallet (Pexels)

Akhir-akhir ini pembayaran non-tunai melalui e-wallet atau dompet digital mulai diminati masyarakat Indonesia. Mulai dari kalangan Gen Z hingga kaum milenial sekalipun telah mulai hijrah ke sistem pembayaran model ini.

Seperti yang telah dirangkum Warta Ekonomi, Bank Indonesia menyatakan bahwa di tahun 2019 saja sudah terjadi sekitar 4,7 juta transaksi cashless dengan volume transaksi yang mencapai angka 128 triliun.

Hal tersebut menandakan pembayaran nontunai telah menjadi tren gaya hidup era modern. Meski masih ada beberapa pihak yang merasa tidak nyaman dengan sistem pembayaran nontunai. Namun, ada baiknya mempertimbangkan 4 manfaat yang bisa didapat dari sistem pembayaran ini.

1. Banyak Untungnya

Dengan memanfaatkan sistem pembayaran nontunai melalui e-wallet, kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari pihak penyedia layanan. Mulai dari potongan harga hingga rabat tunai. Terlebih mulai banyak merchant ataupun gerai yang telah mendukung sistem pembayaran nontunai. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan tersendiri bagi masyarakat.

2. Lebih Aman

Dengan menggunakan e-wallet, tentu kita tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana. Apalagi dalam jumlah yang besar, dimana hal ini bisa mengundang kejahatan seperti perampokan ataupun pencurian.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, penggunaan e-wallet juga terbilang menurunkan angka resiko tertular virus covid-19.

3. Pengeluaran yang Terkontrol

Menggunakan e-wallet dalam bertransaksi juga dapat memudahkan kita mengontrol pengeluaran. Kita akan lebih mudah dalam mengelola keuangan kita.

Pasalnya semua riwayat transaksi tercatat dengan detail pada aplikasi e-wallet. Oleh sebab itu, kita bisa mengetahui berapa jumlah uang yang telah kita keluarkan.

Beda lagi ceritanya jika menggunakan pembayaran konvensional. Bisa dibilang susah karena bisa saja kita lupa atau menghilangkan struk transaksi ataupun pembelian.

4. Penggunaan yang Praktis

Hadirnya e-wallet sangat memudahkan proses transaksi. Kita hanya perlu memindai QR code dan memasukkan pin, maka transaksi akan sukses. Beda halnya dengan transaksi tunai. Tentu kita pernah mengalami situasi dimana kita kesusahan mencari uang pas sesuai dengan pembayaran kita, bukan?

Nah, itulah beberapa manfaat menggunakan e-wallet dalam tiap transaksi kita. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak