alexametrics

6 Ciri Pisang Matang yang Enak, Manis dan Lezat Menjadi Santapan

Joko
6 Ciri Pisang Matang yang Enak, Manis dan Lezat Menjadi Santapan
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Pisang adalah makanan sehat yang memiliki banyak manfaat. Agar bisa mendapatkan buah tersebut dalam kondisi matang, enak, manis dan terasa lezat saat disantap, kalian harus mengetahui beberapa ciri penting berikut ini.

1. Tandan pisang 

Saat memilih, perhatikan lebih dulu bagian tandan dari buah ini. Jika warnanya hijau, hal ini menandakan bahwa pisang tersebut masih segar dan belum lama dipetik dari pohonnya. Tapi apabila warnanya kuning atau kecoklatan, kemungkinan besar sudah terlalu lama disimpan, sehingga akan lebih cepat busuk.

2. Semua bagian punya warna yang sama

Setelah tandan, cermati bagian kulitnya. Pisang bermutu tinggi selalu memiliki warna yang sama dan merata pada semua bagian kecuali ujung bawah dan ujung atas. Ketika kalian melihat ada warna kehijauan pada sisi-sisinya, maka kemungkinan besar pisang tersebut sudah dipetik sebelum matang.

3. Tekstur kulit

Selain memiliki warna yang merata, kulit pisang matang dan lezat juga dapat kalian tandai dengan teksturnya. Tekstur tersebut terlihat bersinar terasa halus saat tersentuh tangan. Pisang yang masih mentah kulitnya terlihat kasar dengan pori-pori yang padat. Bukan itu saja, warnanya juga kusam dan buram.

4. Punya bintik-bintik coklat

Banyak orang yang tidak suka memilih pisang yang mempunyai bintik-bintik warna coklat atau hitam pada kulitnya. Mereka lebih senang mengambil yang kulitnya mulus karena terlihat bersih. Padahal, adanya bintik-bintik ini justru merupakan tanda bahwa pisang tersebut matang secara alami dari pohonnya.

Jika ada pisang semacam ini, tentu kalian boleh memilihnya. Tapi ingat, usai membeli harus segera dimakan atau diolah. Pisang tersebut sudah matang sempurna sehingga dan tidak boleh disimpan terlalu lama meski dimasukan dalam kulkas.

5. Aroma harum

Mencium juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan buah pisang yang berkualitas. Pisang yang matangnya adalah matang alami selalu mengeluarkan aroma harum yang sangat khas. Beda dengan pisang mentah yang dimatangkan dengan bahan kimia, tidak akan mengeluarkan aroma sedap.

6. Tekstur buah

Pisang bermutu tinggi juga ditandai dengan buahnya yang terasa kenyal namun tetap lembut dan halus ketika kalian sentuh atau makan. Apabila terasa kasar apalagi masih ada getahnya, bisa dipastikan apabila pisang tersebut belum cukup umur untuk dipetik sehingga tidak ada rasa lezatnya sama sekali.

Itulah beberapa ciri yang perlu kalian ketahui saat memilih pisang. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan beserta manfaat dari buah tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak