alexametrics

5 Tips Menjaga Sikap Positif saat Kesusahan, Segera Lakukan!

Latifah ..
5 Tips Menjaga Sikap Positif saat Kesusahan, Segera Lakukan!
Ilustrasi senyum (pexels/JESSICA TICOZZELLI).

Gampang banget untuk bersikap positif ketika kamu berada di kondisi yang nyaman. Sementara yang susah adalah ketika kamu mesti menjaga sikap positif, walaupun sedang dilanda kesulitan. Sebab ketika itu terjadi, sangatlah besar godaan untuk mengeluh, berprasangka buruk, dan berbagai sikap negatif lainnya.

Padahal, menjaga sikap positif ini justru sangat penting di kala susah. Supaya kamu bisa segera keluar dari kemelut yang melanda.

Untuk itu, yuk coba tips berikut ini agar kamu bisa selalu menjaga sikap positif meski sedang kesulitan. Apa saja?

1. Bergaul dengan orang yang positif

Saat kamu sedang sulit, usahakan jaga jarak dengan orang yang kamu tahu, punya kebiasaan bersikap negatif. Karena nantinya kondisi mentalmu makin parah.

Usahakan untuk mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang bisa melihat sisi positif dari situasi yang sedang kamu alami tersebut. Minimal, mereka memberimu semangat untuk menyelesaikannya.

2. Bertanggung jawab

Saat kamu sedang kesusahan, jangan membiasakan diri bertindak sebagai korban. Karena kamu pasti punya kontribusi atas kesulitan yang sedang kamu hadapi tersebut.

Dengan bertanggung jawab, kamu jadi menerima bahwa kondisi yang terjadi saat ini adalah memang kesalahanmu. Dan dari situ, kamu bisa mengambil hikmah. Serta, kamu terhindar dari sikap menyalahkan orang lain.

3. Banyak baca materi inspirasi

Ini cukup membantu ketika kamu sedang kesusahan. Apalagi, permasalahan tersebut memang harus kamu atasi sendiri.

Daripada mendengarkan lagu-lagu sedih, mending akses informasi yang sifatnya inspiratif. Sebab terkadang, kamu menemukan materi yang tepat banget dengan situasi yang kamu alami. Itu sangatlah membantu supaya kamu bisa bangkit kembali.

4. Kenali pikiran negatif, dan segera ubah

Kamu akan sulit untuk berpikir jernih dan menemukan solusi, kalau pikiranmu itu terlalu butek karena isinya banyak hal negatif. Coba kenali, saat pikiran negatif sedang menyerang, dan geser ke hal-hal yang positif. Supaya kondisi mental kamu tetap terjaga dengan baik.

5. Buat daftar rasa syukur

Meski kamu sedang kesusahan, kalau mau jujur, pasti ada banyak hal yang bisa kamu syukuri. Nah, buat daftar apa saja yang kamu syukuri hari ini. Kalau bisa, jadikan rutinitas. Karena mental bersyukur, dapat meningkatkan suasana hati, dan menjaga pikiranmu tetap positif.

Semoga dengan tips tadi, bisa membantumu untuk tetap melihat sisi positif meski sedang kesulitan, ya. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak