alexametrics

4 Bahan Alami yang Bantu Jaga Kelembapan Rambut

Desyta Rina
4 Bahan Alami yang Bantu Jaga Kelembapan Rambut
Rambut yang Sehat (Pixabay)

Rambut kering, kusam, dan mengembang adalah permasalahan yang sering muncul pada rambut kita. Tentunya kondisi tersebut sangat tidak nyaman dan tidak bagus untuk penampilan, biasanya rambut jadi susah diatur dan gampang awut-awutan.

Mengutip dari Alodokter, kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang paling utama adalah bila kulit kepala tidak memproduksi minyak yang cukup untuk melembabkan rambut atau karena kerusakan lapisan pelindung rambut. Faktor lain yang mempengaruhi ialah bertambahnya usia, kondisi lingkungan yang bersuhu panas, perawatan rambut yang tidak tepat, dan kondisi badan kita sendiri.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi atau bertambah parah jangan mencuci rambut terlalu sering, gunakan kondisioner rambut khusus untuk perawatan rambut kering, dan gunakan masker rambut. Selain itu, beberapa bahan alami dibawah ini dapat digunakan untuk masker rambut dan membantu menjaga kelembapannya.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan rambut. Ekstrak dari minyak zaitun ini bersifat melembapkan sehingga baik untuk mengatasi permasalahan rambut kering. Minyak zaitun dapat diserap oleh rambut dan mengurangi kadar air yang diserap oleh rambut sehingga dapat mencegah rambut kering dan mengembang.

2. Minyak Kelapa

Mengutip dari Alodokter, minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang dapat berfungsi sebagai pelembab rambut sekaligus mengatasi kekurangan protein pada rambut. Dengan mengoleskannya pada rambut sebelum keramas, minyak kelapa bisa mengatasi kerusakan yang terjadi.

3. Cuka apel

Cuka apel adalah hasil perasan buah apel yang difermentasi sehingga menghasilkan cairan dengan kandungan asam yang tinggi. Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut, cuka apel memiliki kandungan asam alpha hydroxy yang dapat menjaga lapisan rambut atau kurtikula dari kerusakan dan membantu menghidrasi rambut sehingga mencegah rambut kering.

4. Minyak Argan

Mengutip dari Alodokter, minyak argan dapat memperbaiki kerusakan rambut yang diakibatkan oleh proses penataan rambut dengan pemanas atau zat kimia. Minyak ini mengandung asam linoleat dan asam oleat yang dapat mengganti jumlah protein yang hancur karena proses tersebut dan melapisi batang rambut agar terhindar dari kerusakan dan kekeringan.

Itulah 4 bahan alami untuk merawat kelembapan rambut, dengan bahan-bahan alami tersebut tentu hasil yang diperoleh juga lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak