alexametrics

Kembali Dibahas Komisi Pertahanan Korea Selatan, Apakah BTS Akan Bebas Wajib Militer?

Shinta Ci
Kembali Dibahas Komisi Pertahanan Korea Selatan, Apakah BTS Akan Bebas Wajib Militer?
BTS Butter. Sumber: Soompi

Undang-Undang Pembebasan Dinas Militer BTS kembali dibahas di Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan pada Kamis (9/9/2021).

Pertemuan di subkomite Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan tersebut membahas apakah akan menyertakan artis budaya populer yang akan dikecualikan dari tugas, melalui amandemen baru pada Military Service Act.

Menyadur dari Allkpop, rapat subkomite Komisi Pertahanan Nasional Korea Selatan yang diadakan pada tanggal 9 September membahas tentang beberapa amandemen Undang-Undang Dinas Militer yang diusulkan oleh Yoon Sang Hyun, seorang anggota Majelis Nasional Korea Selatan, pada bulan Juni lalu.

Sebelumnya, Majelis Nasional Korea Selatan memutuskan untuk memasukkan individu di bidang budaya dan seni populer yang berkontribusi dalam meningkatkan status serta martabat nasional, ke dalam daftar orang yang dapat menunda pendaftaran wajib militer.

BTS.(Soompi)
BTS.(Soompi)

Majelis Nasional telah memutuskan untuk mengubah Undang-Undang Dinas Militer, yang memungkinkan individu yang diakui untuk menunda wajib militer dan pertemuan militer.

Amandemen Undang-Undang Dinas Militer ini memungkinkan BTS untuk menunda wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.

Jika revisi baru disahkan, ada kemungkinan BTS akan mendapat pengecualian khusus dari wajib militer. Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Hwang Hee sebelumnya juga merilis pernyataan soal ini.

"Meskipun mereka belum memintanya hingga saat ini, saya pikir penundaan militer harus diberikan kepada mereka jika mereka mengajukan," ungkapnya.

Mengenai opini publik yang mengatakan tidak adil bagi anggota BTS untuk menerima penundaan wajib militer, Hwang Hee mengatakan akan mempertimbangkan lagi hal tersebut.

"Kami akan mempertimbangkan keadilan, kesetaraan, dan opini dari Kementerian Pertahanan Nasional."

BTS 'Not Today' (Soompi)
BTS 'Not Today' (Soompi)

Member tertua dari BTS, Jin BTS, lahir pada Desember 1992. Tahun ini dia akan menginjak usia 29 tahun. Jin diperkirakan akan menjalani wajib militer tahun depan.

Lalu Suga atau Min Yoongi, rapper utama grup ini lahir pada tanggal 9 Maret 1993. Dia akan mencapai tanggal wajib militernya pada tahun 2023. Sebagai pemimpin grup, RM atau Kim Namjoon dan rapper J-Hope atau Jung Hoseok masing-masing lahir pada 12 September 1994, dan 18 Februari 1994. Keduanya diperkirakan akan mendaftar wajib militer pada 2024.

Sementara itu Jimin dan V BTS atau Kim Taehyung lahir masing-masing pada 13 Oktober 1995 dan 30 Desember 1995. Keduanya diperkirakan akan mendaftar untuk wajib militer pada 2025.

Anggota termuda Jeon Jungkook BTS lahir pada tanggal 1 September 1997. Dia diperkirakan akan mendaftar pada tahun 2027. 

Mengenai wajib militer mereka, semua BTS selalu menyatakan kesediaannya untuk bergabung dengan militer, dengan mengatakan.

"Layanan militer adalah kewajiban."

Bagaimana menurut kalian, apakah setuju jika BTS dibebaskan dari wajib militer?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak