alexametrics

Biar Tidak Rugi, Ini Deretan Tips Membeli HP Murah Berkualitas

Irwan Suaib
Biar Tidak Rugi, Ini Deretan Tips Membeli HP Murah Berkualitas
Ilustrasi ponsel. (Pixabay)

Hidup di zaman serba digital menjadikan kebutuhan HP ataupun smartphone sudah menjadi kewajiban. Mulai dari kebutuhan untuk komunikasi, hingga kebutuhan lainnya seperti transaksi, pendidikan, dan semacamnya.

Namun tidak bisa dipungkiri, untuk bisa memiliki smartphone yang punya kualitas mumpuni diperlukan dana cukup besar. Meski banyak merek yang menjual produknya dengan harga murah, tapi tidak sedikit pula yang ragu akan kualitasnya.

Tapi jangan khawatir. Kita tetap bisa memiliki smartphone berkualitas dengan harga murah. Bagaimana caranya? Simak tips membeli HP murah berkualitas berikut ini!

1. Tentukan Kebutuhan Pemakaian

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli HP murah berkualitas adalah dengan menentukan tujuan kebutuhannya. Apakah smartphone akan digunakan untuk kebutuhan dasar, menengah, atau menopang aktivitas yang tinggi.

2. Sesuaikan Fitur dan Spesifikasinya dengan Kebutuhan

Jika kebutuhan kita hanya sebatas untuk pemakaian dasar seperti berkomunikasi, nonton YouTube, atau untuk penggunaan media sosial, maka dengan uang sekitar Rp 1 jutaan sudah cukup untuk dapat memiliki smartphone.

Beda hal lagi jika calon si pengguna smartphone adalah tipe orang dengan mobilitas tinggi. Maka seharusnya ia membeli smartphone dengan kapasitas baterai yang besar.

Bagi mereka yang doyan bermain gim seperti PUBG, Mobile Legend, atau gim lainnya, bisa memilih beberapa jenis HP yang memang kapasitasnya mendukung aktivitas itu. Apalagi kini telah banyak merek yang merilis berbagai produknya secara khusus untuk bermain gim.

Begitu juga bagi mereka yang ingin memiliki smartphone untuk keperluan fotografi ataupun vlog, bisa meninjau dari segi kualitas kamera smartphone yang ditawarkan.

3. Sesuaikan dengan Dana

Yang terakhir adalah, sesuaikanlah dengan dana yang kita punya. Seperti yang dirangkum dari laman Cari Sinyal, ada 4 kelas smartphone yang beredar di pasaran.

Pertama kelas low end di mana harga smartphone berkisar dari satu hingga dua jutaan rupiah. Kedua, kelas middle range yang harganya berkisar dari dua juta hingga lima jutaan.

Ketiga, kelas middle range to high dimulai dari harga lima juta sampai delapan jutaan. Dan terakhir kelas high end yang mana harga smartphone mencapai angka delapan juta ke atas.

Nah itulah 3 tips yang bisa dilakukan saat akan membeli HP murah berkualitas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak