alexametrics

Bikin Susah Diri Sendiri, Ini 4 Kiat Menghilangkan Sifat Gengsi

Latifah ..
Bikin Susah Diri Sendiri, Ini 4 Kiat Menghilangkan Sifat Gengsi
Ilustrasi wanita belanja. (pexels.com/freestocks.org)

Di tengah gempuran gaya hidup hedon serta ajang pamer yang dilakukan lewat media sosial, mau tak mau, banyak orang yang merasa rendah diri ketika melihat kondisi yang nggak seperti mereka. Ada keinginan untuk bisa menyamai gaya hidup para selebgram atau sosialita tersebut.

Tak masalah, selama jalur yang ditempuh benar, artinya dari rezeki yang didapatkan secara halal. Bukan lewat prostitusi, atau korupsi.

Sayangnya, banyak orang yang kemudian hidupnya jadi berantakan akibat keinginan nggak sesuai dengan kenyataan. Demi mementingkan gengsi, sampai terjerat hutang, atau masalah lainnya. Untuk itu, yuk, ketahui bagaimana cara menghilangkan sifat gengsi tersebut!

1. Tanamkan, bahwa sederhana itu nggak memalukan

Satu hal yang perlu kamu sadari, supaya nggak termakan gengsi, adalah hidup sederhana itu bukanlah sesuatu yang memalukan. Jika pun kondisimu saat ini miskin, hal itu bukan sesuatu yang harus membuatmu minder.

Orang nggak akan selamanya kaya, begitu pula, nggak akan selamanya miskin. Selama kamu berusaha mencari penghasilan yang halal, gigih, dan terus berdoa, nanti akan ada saatnya kok, kamu bisa hidup dalam kenyamanan tanpa harus dipaksakan.

2. Jangan banding-bandingkan hidupmu dengan orang lain

Setiap orang punya desain hidupnya sendiri. Pun, perjuangan serta ujiannya masing-masing. Jadi, nggak perlu membanding-bandingkan. Melakukan hal tersebut, hanya akan menyerang mentalmu, membuatmu jadi selalu melihat kekurangan.

3. Fokus pada perbaikan diri

Daripada sibuk membandingkan, mending fokus saja pada tujuan yang sudah kamu buat. Fokus pada kemajuan prosesnya, gimana hari ini, kamu bisa lebih baik dari hari kemarin. Cukup itu saja. Nggak perlu lihat kondisi tetangga, atau gaya hidup para artis yang serba mewah. Ingat, yang kamu lihat indah, tak selalu menampakkan kondisi yang sebenarnya.

4. Perbanyak syukur

Tuhan sudah berjanji, jika hambaNya bersyukur, akan ditambah lagi. Makanya, santai aja kalau saat ini kondisi keuanganmu belum kaya raya. Syukuri apa yang kamu punya sekarang.

Selain bisa mengundang berkah, dengan bersyukur, kamu pun jadi pribadi bahagia. Karena selalu merasa cukup dengan apa yang dipunya. Tanpa rasa syukur, sekalipun sudah punya harta melimpah, keluarga bahagia, tetap saja stres dan depresi karena selalu merasa ada yang kurang.

Semoga tips tadi dapat membantumu untuk menghilangkan gengsi, ya. Ingat, hidup demi gengsi, nggak akan bikin kamu bahagia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak