alexametrics

Walau Sudah Menikah, 3 Hal Ini Tetap Wajib Kamu Lakukan pada Orang Tua!

Riva Khodijah
Walau Sudah Menikah, 3 Hal Ini Tetap Wajib Kamu Lakukan pada Orang Tua!
Ilustrasi orang tua dan cucu. (pexels.com/Pixabay)

Ketika sudah menikah, kamu mungkin sudah tak lagi tinggal serumah dengan orang tua. Waktumu pun nggak akan sama lagi dibanding saat masih melajang. Karena kini, sudah ada keluarga kecil yang mesti kamu urusi.

Meski kamu sudah menikah, dan punya tanggung jawab sendiri, bukan berarti tanggung sebagai seorang anak terlepas begitu saja. Kamu pun masih wajib melakukan hal-hal berikut ini pada orang tuamu. Yuk, kita simak bersama!

1. Memberikannya perhatian

Tentu orang tua akan merasakan ada yang berbeda, ketika anak yang dulunya selalu ia lihat tiap hari, kini sudah pisah rumah dan membentuk keluarga kecilnya sendiri. Supaya orang tua nggak merasa kesepian, tetap berikan perhatian pada mereka.

Jika sempat sepulang kantor mengunjungi mereka, lakukan, meskipun cuma sebentar. Atau ketika akhir pekan, jadwalkan untuk bertandang ke rumah orang tua. Apalagi kalau kamu sudah punya si kecil, hati mereka pasti senang sekali bisa menggendong cucu dan melihat tingkahnya.

2. Berikan bantuan finansial

Memang, nggak semua orang tua punya kendala di keuangan. Ada pula yang malah orang tuanya jauh lebih tajir daripada anak mereka.

Namun, jika ketika kamu masih lajang kerap membantu kondisi finansial orang tua, hal tersebut jangan berhenti. Tetap alokasikan untuk mereka. Inilah kenapa penting, sebelum menikah, membicarakan dengan pasangan, mengenai kondisi keuangan. Supaya kamu bisa bersedekah dengan orang tua, tanpa mengorbankan finansial keluarga.

3. Mewujudkan impiannya

Bisa jadi, orang tua punya impian, tapi belum bisa terwujud. Misalnya, bagi yang beragama Islam, banyak orang tua yang ingin sekali bisa berangkat haji atau umrah, tapi terkendala finansial.

Memang, kamu nggak wajib untuk memberangkatkan mereka. Tapi, apa salahnya, kalau ada rezeki lebih, daripada berangkat untuk pribadi, mending uangnya buat memberangkatkan hati atau umrah orang tua terlebih dahulu. Karena, menyenangkan hati orang tua, nggak bisa jamin bisa kamu lakukan dalam jangka waktu yang lama, mengingat usia mereka yang semakin menginjak senja.

Itu dia beberapa hal yang tetap mesti kamu lakukan, kendati kamu sudah punya keluarga sendiri. Tetap jaga hubungan baik, dan terus beri perhatian pada mereka. Mumpung mereka masih diberikan umur panjang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak