alexametrics

Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Terhindar Dari Rasa Malas

aprilia
Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Terhindar Dari Rasa Malas
Ilustrasi Bermalas-malasan. (pexels.com/ cottonbro)

Malas merupakan suatu sifat yang sukar sekali dipisahkan dari manusia. Menghindari segala bentuk tanggung jawab untuk sementara waktu dengan melakukan kegiatan semau kita, tentu saja menyenangkan.

Namun, rasa malas merupakan perilaku negatif yang harus kita hindari. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan susah sekali dalam memulai sesuatu sehingga berakhir menunda dan menyesal di kemudian harinya. Tidak hanya itu, rasa malas bisa saja membuat kamu lebih mudah stres dan menghambat kesuksesan, lho.

Jika kamu masih susah menghilangkan rasa malas yang berlebihan. Yuk, simak baik-baik 5 tips dibawah ini!

1. Buatlah target (goals)

Cara yang pertama yaitu buatlah target (goals). Hal ini sangat berguna agar kamu tetap termotivasi dalam melakukan sesuatu untuk mencapai targetmu. Tidak perlu banyak-banyak, usahakan target yang kamu buat realistis agar nanti tidak membebanimu sehingga timbul stress yang berlebihan.

2. Buat to-do list harian

Setelah menentukan target pencapaian, lalu buatlah list kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai target tersebut. Hal ini akan membantumu agar apa yang kamu lakukan tetap terorganisir dengan baik. Dalam membuat to-do list,  tetap perhatikan waktu, usaha dan faktor lainnya agar kamu tidak terbebani, ya.

3. Rutin olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang harus rutin dilakukan agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Jika kamu belum rutin melakukan kegiatan yang satu ini, maka lakukan mulai hari ini. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan olahraga kecil seperti, jogging, lompat tali, atau yoga. Selain menyehatkan, olahraga juga dapat meningkatkan mood-mu menjadi lebih baik.

4. Selalu berpikir positif

Jika kamu terbiasa berpikiran negatif, maka kamu akan sulit untuk memulai sesuatu dan berujung malas melakukannya. Mulai hari ini, ubahlah pemikiran tersebut dengan pikiran yang lebih positif. Hal ini akan membuatmu lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

5. Berikan self reward

Terakhir, selalu berikan apresiasi terhadap dirimu atas segala pencapaian yang kamu raih.  Berikan hadiah kepada dirimu sendiri seperti, makanan lezat, quality time bersama teman, atau hal lainnya. Hal ini penting dilakukan agar kamu tetap termotivasi dan lebih mencintai dirimu sendiri.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membuang rasa malas. Selama kamu berusaha, pasti kamu bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak