alexametrics

5 Tradisi Minum Kopi dari Berbagai Negara di Dunia!

Muhammad Hafizh Ramadhan
5 Tradisi Minum Kopi dari Berbagai Negara di Dunia!
Segelas Cappucino (Pexels/Maria Orlova)

Tradisi minum kopi bukan hanya sekedar menyeduh dan minum saja. Tradisi minum kopi pun sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan budaya di berbagai negara. Tidak heran jika setiap negara punya tradisi minum kopi tersendiri, karena kopi adalah minuman yang paling dicintai orang-orang di dunia. Berikut adalah tradisi-tradisi minum kopi dari berbagai negara di dunia.

1. Meksiko

Café de Olla, kopi yang terkenal dan sangat banyak disukai di Meksiko. Minuman kopi ini memang sudah menjadi tradisi disana. Biasanya  tradisi minum kopi ini dengan mencampurkan kopi hitam dan gula merah atau disebut Pilloncilo (gula merah yang berwarna cokelat kemerahan, terbuat dari tebu dan melalui proses karamelisasi).

Café de Olla ini sangat manis karena dihidangkan dengan kayu manis. Kopi ini dibuat dengan pot tembikar agar dapat mengeluarkan cita rasa dan wangi harum biji kopinya.

2. Selandia Baru

Ada tradisi minum kopi di Selandia Baru yang bernama Smoko. Smoko merupakan tradisi minum kopi  yang ditemani rokok. Tradisi ini muncul di saat pekerja Selandia Baru mempunyai hak untuk beristirahat di pagi dan siang hari. Smoko pun istilah yang muncul di saat pekerja itu istirahat. Namun, istilah Smoko bukan hanya disebut dalam istirahat kerja saja, tapi kini istilah Smoko dipakai ketika jeda minum kopi dan makan cemilan. 

3. Turki

Tradisi minum kopi di Turki tidak kalah menarik dengan produk es krim yang terkenal disana. Kopi sendiri bagi orang Turki harus benar-benar hitam pekat dan tanpa susu atau krim. Kopi ini dihidangkan di dalam Cezve (cangkir kecil yang terbuat dari tembaga). Biasanya kopi Turki ini diminum dengan manisan dan Turkish Delight, yaitu permen khas asal Turki agar tidak terasa pahit.

4. Austria

Biasanya memadukan kopi dan susu sudah merupakan tradisi orang-orang di berbagai negara. Namun berbeda dengan orang Austria, mereka biasanya mencampur kopi dengan Melange (whippes cream). Melange mempunyai busa seperti Cappucino, kopi ini biasanya dicampur dengan susu mendidih. Inilah yang membuat Melange terasa begitu lembut dan nikmat. Di Austria, menu ini bisa kita temui di berbagai kafe.

5. Argentina

Biasanya masyarakat di negara latin meminum kopi di antara waktu makan siang sampai makan malam. Kebiasaan minum kopi tersebut disebut Merienda di Argentina. Mereka minum kopi ditambah dengan susu dan croissant atau roti panggang serta submarina (susu panas yang  dicelup coklat di dalamnya).

Nah, itulah tradisi-tradisi minum kopi dari berbagai negara di dunia, ternyata unik juga ya! Di Indonesia sendiri tradisi minum kopi berbeda-beda sesuai dengan daerahnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak