facebook

Agar Putus Cinta Tak Berakhir Derita, Ini 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan!

Latifah ..
Agar Putus Cinta Tak Berakhir Derita, Ini 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan!
Ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/mellamed)

Harus berpisah dari orang yang kamu cintai memang tak mudah. Rasa sakit yang mesti kamu tanggung begitu menyiksa. Tak jarang, karena rasa sakit inilah, kamu jadi sulit mengalihkan perhatian ke hal lain yang lebih positif, sehingga kehidupanmu jadi kerap menderita.

Agar putus cinta tak berakhir derita, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan setelah alami kandasnya hubungan. Apa saja?

1. Melampiaskan perasaan

Kamu bukanlah robot yang gak punya hati. Sekalipun hubungan yang lalu toksik, dan keputusan untuk pisah adalah inisiatif kamu sendiri, pastilah tetap merasakan sedih, kecewa, sakit hati, amarah, dan berbagai perasaan negatif lain.

Kalau sudah begitu, jangan dipendam. Karena memendamnya, hanya akan menimbulkan luka berkepanjangan, dan menyebabkanmu sulit untuk move on. Cobalah beri waktu untuk melampiaskan segala emosi yang kamu rasakan. Ingin berteriak atau menangis sejadi-jadinya, silakan. Asal perhatikan tempatnya, dan jangan kelamaan.

2. Hindari menyalahkan diri sendiri

Tidak sedikit yang kemudian menyalahkan diri sendiri atas gagalnya hubungan cinta yang dijalani. Sekadar untuk evaluasi, supaya bisa jadi bahan perbaikan diri, sih, tak masalah. Tapi yang mesti kamu ingat, dalam hubungan itu ada dua orang. Jadi, jangan sampai hanya menyalahkan diri sendiri.

Jika itu kamu lakukan, bisa berdampak pada kondisi mental. Kamu jadi merasa rendah diri, bahkan trauma untuk menjalani hubungan. Merasa, kalau kamu pasti akan gagal jika menjalin cinta.

3. Jangan melihat media sosial mantan

Salah satu langkah penting supaya kamu bisa segera move on, dan gak terus-menerus kepikiran dengan kegagalan hubungan yang lalu, adalah jangan menyentuh media sosial dulu. Apalagi sampai stalking aktivitas mantan lewat media sosialnya. Hindari, deh.

Kamu akan sulit melupakannya, dan bisa tergoda untuk balikan lagi, kalau kerap melongok dan ingin tahu dengan apa yang dilakukan mantan. Fokuskan saja pada dirimu sendiri. Lakukan hal-hal menyenangkan dengan orang lain, misalnya bersama keluarga atau teman. Dengan begitu, kamu akan sadar, bahwa ada banyak orang yang mencintaimu, dan itu gak mesti pasangan.

Nah, semoga tips tadi bermanfaat, ya, untuk mempercepat penyembuhan luka setelah patah hati. Biar hidupmu gak menderita!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak