alexametrics

4 Nasihat bagi Kamu yang Tidak Bisa Memaafkan Kesalahan Diri Sendiri, Perlu Diingat!

Rizki Putra
4 Nasihat bagi Kamu yang Tidak Bisa Memaafkan Kesalahan Diri Sendiri, Perlu Diingat!
Ilustrasi putus asa. (pexels/Inzmam Khan)

Kesalahan adalah hal yang pernah dilakukan oleh setiap orang. Meskipun itu kecil ataupun besar, terkadang memang sulit untuk bisa memaafkan kesalahan diri sendiri. Hal inilah yang akan selalu terbayang-bayang dipikiran, bahkan bisa buat seseorang depresi.

Tidak heran kalau ada orang belum bisa segera move on dari kesalahan yang pernah dibuat. Oleh sebab itu, simak 5 cara bagi kamu yang tidak bisa memaafkan kesalahan diri sendiri, supaya bisa direnungkan dan lebih memahami nasihat ini.

1. Kamu haru tahu bahwa setiap orang memiliki kesalahannya masing-masing

Tentunya bukan hanya kamu saja yang mengalami kesalahan dalam menjalani kehidupan, ada orang di luar sana yang juga mengalaminya. Jadi, tidak perlu merasa dirimu adalah orang yang paling bersalah.

Meskipun demikian, harus segera membenahi diri agar tidak terulang kesalahan yang sama terjadi lagi. Dengan begitu, hari-hari bisa kembali bersemangat untuk membuka lembaran baru kehidupan.

2. Mengakui dan berdamai dengan diri sendiri

Hidup akan terasa sulit, jika kamu terus-terusan menyangkal atas kesalahan yang pernah kamu perbuat. Pernyebabnya adalah terlalu takut menerima risiko yang datang kepadamu, lebih baik untuk tidak mengakuinya.

Hal inilah yang sering kali membuatmu selalu gelisah menjani keseharian. Sebaiknya, beranilah mengakui kesalahan meski risikonya besar sekalipun. Sehingga, bisa berdamai dengan diri sendiri dan hidup bisa lebih tentram.

3. Di balik kesalahan ada hikmah yang bisa kamu petik

Meski kesalahan itu atas perbuatan lalai atau keliruanmu, jangan melihat dari satu sudut pandang saja. Berpikirlah bahwa disitu ada hikmah yang bisa kamu petik, supaya tidak terulang dikemudian hari.

Jadikan kesalahan itu sebagai pengingatmu supaya tidak terjerumus dengan hal yang bisa merugikanmu. Jangan mengulang kesalahanmu untuk lebih memotivasi menjadi orang yang lebih baik lagi.

4. Beri kesempatan untuk bisa belajar dari kesalahan

Tentunya, selalu memikir kesalahan secara overthinking bisa membuatmu makin terpuruk. Seharusnya, jangan jadikan kesalahan sebagai hal yang negatif saja dipikiranmu.

Ketika kamu telah menerima kesalahan tersebut, artinya telah berhasil untuk membuka diri untuk memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan yang telah diperbuat. Sehingga, kamu akan tahu sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi negatifnya saja.

Sebagian orang yang telah melakukan kesalahan, berpikiran bahwa dirinya adalah orang yang tidak baik. sebuah kesalahan adalah hal yang wajar, tapi yang keliru tidak bisa menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaraan untuk kehidupan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak