alexametrics

Merasa Jenuh? Yuk Kenali 5 Tanda Kamu Butuh Me Time!

Ina Barina
Merasa Jenuh? Yuk Kenali 5 Tanda Kamu Butuh Me Time!
Ilustrasi Me Time. (Pixabay)

Beraktivitas seharian terkadang bisa membuat seseorang merasa jenuh. Hal tersebut yang menyebabkan seseorang membutuhkan me time yang berkualitas agar pikiran bisa lebih rileks dan terhindar dari stres berkepanjangan. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk me time?

Yuk kenali tanda-tanda kamu butuh me time karena terkadang tanda-tanda tersebut tidak kamu sadari sebagai sinyal dari tubuhmu yang butuh waktu rileks. Padahal jika kamu lebih cepat menyadari tanda-tanda tersebut, maka manfaatnya akan semakin baik untuk tubuhmu.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa kamu butuh me time:

1. Semua hal terasa membosankan

Ketika semangatmu dalam melakukan rutinitasmu mulai berkurang dan merasa semual tal itu membosankan, itulah sinyal tubuh yang menandakan kamu butuh me time. Selain itu, tanda ini juga bisa ditunjukkan ketika kamu mulai mengulur-ulur waktu untuk mengerjakan sesuatu dan mulai kesulitan mendapatkan ide.

Membiarkan tanda-tanda tersebut akan membuat kreativitasmu terkikis dan menyulitkan berbagai kegiatan yang harus kamu selesaikan. Jadi ketika mulai merasa jenuh, lebih baik mengambil cuti dan waktunya untuk me time. Me time akan membuatmu lebih rileks dan memulihkan energimu dengan baik.

2. Sering bicara sekenanya tanpa berpikir ulang

Ketika sedang stress, terkadang seseorang suka berbicara sekenanya tanpa berpikir apakah perkataannya akan menyakiti orang lain atau tidak. Jika kamu sedang di fase tersebut, itu artinya kamu butuh me time. Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang merasa tertekan, ia tidak akan memikirkan ulang apa yang dia bicarakan, berbicara sekenanya dan justru berakhir menyakiti perasaan orang lain.

Jika sudah begitu, akan lebih untukmu menjauhkan diri dari lingkunganmu dulu untuk sementara waktu. Manfaatkanlah waktumu untuk sendiri dan merefleksi ulang tentang perasaanmu ataupun orang-orang di sekitarmu.

3. Selalu merasa lelah

Meskipun kamu sudah memiliki waktu tidur yang cukup, terkadang rutinitas harian lama-lama bisa membuatmu tidak bersemangat dan lelah. Rasa lelah ini yang akan membuat dirimu merasa pekerjaanmu tidak selesai-selesai meskipun kamu sudah berusaha maksimal untuk menyeselesaikannya.

Hal ini wajar kok, jadi jangan merasa depresi ya. Kalian cukup luangkan waktu kalian, rehat dari semua rutinitasmu, lakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan guna membuat tubuh dan pikiranmu rileks serta memiliki semangat lagi untuk menjalani hari.

4. Mudah cemas

Jika kamu mulai suka mencemaskan berbagai hal, termasuk hal-hal kecil sekalipun maka itu adalah salah satu tanda bahwa kamu butuh me time. Hal-hal yang tidak seharusnya kamu khawatirkan justru akan membuatmu stress dan mengacaukan setiap pekerjaan yang kamu kerjakan. Lebih baik, segeralah ambil jatah liburmu dan take your time. Pergi berlibur, menonton series favorit, atau lakukan apapun yang mampu memperbaiki suasana hatimu dan menenangkan pikiranmu.

5. Selalu ingin bersembunyi dari orang lain

Ketika kamu ingin hidup damai, kamu pasti akan memilih untuk bersembunyi dari orang lain. Ternyata, itu adalah tanda terkuat bahwa kamu butuh me time. Hal tersebut dikarenakan tubuh terkadang membutuhkan energi yang diserap dari diri sendiri, bukan berbagi dengan orang lain.

Itulah 5 tanda yang bisa membantumu mengenali sinyal tubuhmu yang membutuhkan me time. Mulai sekarang, belajarlah lebih peka terhadap tubuhmu dan jangan biarkan perasaan mengganggu itu membuat semua harimu kacau. Lebih baik untuk menyingkir dari rutinitas sejenak dan pulihkan energimu dengan hal-hal positif melalui me time.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak