alexametrics

3 Trik Menghadapi Dilema saat Merintis Karier, Harus Konsisten!

Rizki Putra
3 Trik Menghadapi Dilema saat Merintis Karier, Harus Konsisten!
Ilustrasi wisuda. [Christine von Raesfeld/Unsplash]

Memilih karier untuk masa depan, tentu banyak pertimbangan yang harus kamu pilih. Hal inilah yang menentukanmu untuk mengembangkan potensi dalam diri sesuai dengan apa yang kamu cita-citakan.

Kalau kamu pernah menghadapi kondisi seperti ini, pastinya akan galau mau untuk memilih bekerja sesuai passion atau tidak. Oleh sebab itu, simak 3 trik menghadapi dilema ketika merintis karier.

1. Harus punya tujuan

Bagaimanapun juga, untuk melakukan sesuatu harus berdasarkan ‘alasan’ yang membuat seseorang memprioritaskan sesuatu hal. Oleh karena itu, seseorang cenderung akan tertekan, jika mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya tidak disukainya.

Sebaiknya, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang menjadi tujuanmu saat ini. Dengan memiliki alasan dan tujuan yang jelas, jauh lebih mudah menentukan pilihan karier yang ingin dirintis.

2. Pikirkan suatu hal buruk yang terjadi, ketika ingin menentukan pilihan

Sebagian orang akan cenderung takut ketika ingin melakukan suatu perubahan dalam hidup. Hal itu disebabkan oleh ketidak pastian yang ada di dalam pilihan karier yang mereka inginkan.

Karena terlalu banyak beban pikiran dan takut mengambil risiko, sehingga malah memilih pilihan berada pada zonama nyamannya. Daripada memikirkan hal tersebut yang membuat stres, lebih baik bertanya pada diri sendiri ”Bagaimana kalau saya memilih karier tersebut, hal buruk apa yang akan menimpaku?”.

Setelah mengetahui jawabannya, tandanya kamu sudah tahu apa yang harus dipilih.

3. Gunakan intuisi di dalam dirimu

Kebanyak orang tentunya pernah memikirkan suatu hal yang tidak logis tentang masa depannya. Mungkin saja hal itu bisa membantumu untuk mengetahui pilihan karier.

Contohnya seperti kamu memiliki cita-cita sebagai graphic design yang bisa memiliki karya digital yang mendunia, tapi terlalu ragu lantaran jurusan kuliah tidak sesuai dengan hal tersebut.

Nah, momen seperti ini bisa sebagai acuanmu untuk menentukan pilihan. Mungkin, tidak logis bagi orang lain bahwa kamu bisa melakukannya. Karena hal tersebut, menjadi motivasimu untuk menunjukan pada diri sendiri dan orang lain kalau kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan.

Berdasarkan ulasan di atas, bahwa setiap orang memiliki peluangnya masing-masing untuk memperoleh cita-cita. Namun, tetap harus konsisten dan berani mengambil langkah, meskipun banyak tantangan yang akan kamu hadapi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak