alexametrics

3 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh ketika Berani Jadi Diri Sendiri

Rizki Putra
3 Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh ketika Berani Jadi Diri Sendiri
Ilustrasi wanita percaya diri. (pexels.com/Moose Photos)

Tentu tidak mudah untuk berani menjadi diri sendiri, bahkan tidak semua orang mampu melakukannya. Hal ini disebabkan karena merasa ingin bisa diterima oleh suatu lingkungan, dan tidak mau dianggap beda oleh orang lain.

Padahal, perbedaan adalah hal yang wajar terjadi, kok. Makanya, kamu jangan mudah minder dengan orang lain. Maka dari itu, ini 3 keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika berani jadi diri sendiri.

1. Telah berhasil menerima diri sendiri seutuhnya

Kamu harus tahu, bahwa tidak semua orang mampu menerima kekurangannya. Tapi, justru fokus terhadap kelebihannya saja. Padahal, setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing yang mesti diterima oleh diri sendiri seutuhnya.

Kalau kamu sudah mau menerima diri sendiri, tandanya kamu telah berhasil mau untuk bersyukur atas apa yang sudah ada di dalam dirimu. Sebaiknya, perlu dihargai keberanianmu ini, ya!

2. Bisa melihat sudut pandang yang berbeda dari diri sendiri

Menjadi penyebab seseorang tidak berani menjadi diri sendiri adalah salah menangkap atau keliru untuk memahami keadaan diri sendiri. Padahal, setiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing, tentu bisa dibanggakan, tapi harus bisa mengelolanya.

Maka dari itu, harus bisa melihat sudut pandang yang berbeda dari diri sendiri, supaya bisa mengenal lebih dalam hal apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan yang ada. Sehingga, lebih bisa menerima semua keadaan yang ada pada diri sendiri.

3. Berhasil berdamai tentang hal yang tidak kamu sukai

Bisa berani untuk menerima diri sendiri artinya kamu sudah memenangkan melawan hal-hal yang tidak kamu sukai selama ini. contohnya seperti, bisa berdamai dengan orang-orang yang telah menyakiti perasaanmu, menerima kekurangan dalam diri, mengakui kesalahan yang diperbuat, dan memaafkan masa lalu.

Kalau kamu sudah berdamai dengan sesuatu hal yang tidak kamu sukai, selamat bahwa kamu telah berani menjadi diri sendiri. Tentu harus kamu apresiasi keberhasilanmu ini, ya!

Berdasarkan ulasan di atas, sebenarnya bukan hal yang berat untuk bisa berani menerima diri sendiri. Padahal, itu merupakan kesempatan bagimu untuk memperbaiki kepribadianmu menjadi lebih baik. Namun, kamu tetap tidak bisa memuaskan perasaan orang lain, tapi setidaknya kamu bisa mengendalikan keinginanmu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak