alexametrics

Deretan Hadiah Termahal dan Terunik BTS dari ARMY, Sampai Rogoh Kocek Ratusan Juta

Tiwa Nadha
Deretan Hadiah Termahal dan Terunik BTS dari ARMY, Sampai Rogoh Kocek Ratusan Juta
peringatan ulang tahun V di Burj Khalifa (twitter/@kimtaehyungbar_)

Setiap penggemar atau fandom dari Idol K-Pop sudah seringkali memberikan hadiah spesial untuk para idola kesayangan mereka. Tak jarang dari mereka memberikan barang bermerek bahkan sampai menyewa gedung atau kereta api khusus untuk menayangkan ucapan ulang tahun sang idola. Dan ada juga melakukan hal positif yang diatasnamakan idola mereka tersebut. 

Ini dia beberapa hadiah spesial ARMY yang dipersembahkan untung para anggota anggota Bangtan Sonyeondan atau dikenal boy group BTS ini.

1. V BTS (Taehyung)

pertunjukan cahaya di Burj Khalifa saat ulang tahun V (trax fm)
(trax fm)

Pada 30 Desember 2020, V BTS berulang tahun yang ke-25. China Baidu Vbar, yang merupakan basis penggemar setia V yang berada di China, telah mengatur sebuah pertunjukan cahaya yang spektakuler di Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, dan memiliki tinggi mencapai 2,722 kaki.

Di Burj Khalifa, selain wajah V, para fans juga menuliskan beberapa pesan bertuliskan, “Happy V Day”, “We Purple You”, serta nama lengkap V yaitu “Kim Taehyung” yang tersebar di beberapa sisi gedung pencakar langit tersebut.

Untuk memasang wajah V di gedung yang memiliki delapan rekor dunia tersebut, para penggemar paling tidak harus mengeluarkan dana kurang lebih sebesar 68,000 dolar AS atau sekitar Rp 945 juta untuk tiga menit penayangan.

Sementara untuk menjadikan V sebagai idol pertama dengan iklan individu di Burj Khalifa, fanbase itu mengumpulkan 1 juta Dollar AS atau sekitar Rp 14,1 miliar dalam 80 hari, sebuah pengumpulan dana yang memecahkan rekor dunia, demi ulang tahun V.

2. Jungkook

iklan di TVX untuk merayakan ulang tahun Jungkook (pulse)
Iklan di TVX khusus merayakan ulang tahun Jungkook (Pulse)

Bernaung di grup yang sama dengan V, para fans Jungkook BTS juga tak mau kalah. Mereka pernah menghadiahi maknae BTS ini emas batangan 500 gram sesuai dengan panggilannya sebagai The Golden Maknae.

Tak hanya itu, pada tahun 2020 iklan ulang tahun Jungkook juga ditayangkan di bianglala Everland, theme park terbesar di Korea Selatan. Ia juga mendapatkan iklan di KTX dan menjadi idol pertama yang mendapat iklan di KTX.

3. Jimin

(instagram.com/@bts.bighitofficial)
Kampanye #PohonJimin pada ulang tahun Jimin
(twitter/@forhacin)

Tepatnya pada 13 Oktober 2020 adalah ulang tahun Jimin yang ke-25. Sebagai bentuk ucapan dan perayaan ulang tahun Jimin BTS, ARMY di Indonesia memberikan hadiah ramah lingkungan bagi Jimin. Melalui unggahan di akun Twitter @forhacin, mereka terlihat melaksanakan sebuah proyek kecil dengan dampak besar.

Dimulai sejak 25 September - 5 Oktober, mereka melakukan penggalangan donasi bertajuk 1.000 pohon untuk Jimin BTS (proyek ulang tahun Jimin). Tujuannya ialah untuk membantu desa-desa yang terancam tenggelam, secara khusus di pesisir Bedono, kabupaten Demak.

Tak disangka setelah sembilan hari, tanaman yang terkumpul justru mencapai delapan kali lipat. “Total donasi pohon yang terkumpul 8.735 atau senilai dengan 43.675.000 rupiah. "Terima kasih Army Indonesia. Semoga pohonnya dapat tumbuh setiap hari dan bermanfaat bagi lingkungan,” katanya pada 4 Oktober 2020.

4. Suga (Min Yoongi)

proyek transplantasi terumbu karang dalam merayakan ulang tahun Suga (twitter/@forhacin)
proyek transplantasi terumbu karang dalam merayakan ulang tahun Suga (twitter/@forhacin)

Datang lagi dari ARMY Indonesia. Cara unik dipakai akun fanbase di Twitter, @forhacin yakni dengan proyek bawah laut. Salah satunya adalah transplantasi terumbu karang di dasar laut Desa Morella, Ambon, Maluku. Proyek ini hasil kerja sama dengan komunitas Karang Nusantara.

Sebagai permulaan, ada 100 terumbu karang yang ditransplantasikan dan ke depan akan di tambah lagi jumlahnya. Setelah diletakkan di dasar laut, terumbu karang tersebut akan dipantau pertumbuhannya selama beberapa waktu mendatang. Proyek ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 30 juta. Sebelumnya juga sudah dilakukan penanaman pohon saat ulang tahun Jimin.

Dikutip dari Kompas.com, "Maka dari itu kami ingin berpindah ke proyek bawah laut untuk menumbuhkan kesadaran bahwa ekosistem laut juga butuh perhatian,"  jelas Asa Bellia Audida, admin dari akun twitter @forhacin itu saat dihubungi melalui direct message (DM) Twitter, Selasa (9/3/2021).

5. RM (Kim Nam Joon)

proses pembuatan RM Forest (twitter/@RMForest0912)
proses pembuatan RM Forest (twitter/@RMForest0912)

RM mendapat kado istimewa dari para penggemar berupa sebuah hutan yang dibiayai dan dibangun oleh penggemar atas nama dirinya.

Pada Selasa (3/9/2019), Korean Federation for Environmental Movement mengungkapkan bahwa sekitar 250 penggemar berkumpul pada akhir pekan lalu untuk membangun hutan bernama "BTS RM Forest No. 1".

Menurut laporan, kado itu dipilih karena RM yang cukup sering menunjukkan minat dalam melestarikan lingkungan. Untuk kado ulang tahun RM yang jatuh pada 12 September 2019 itu, penggemar menyumbangkan dana total sebesar 11,1 juta won atau sekitar Rp130 juta.

6. J-Hope

karya mural bergambar J-Hope di kota Gwangju (allkpop.com)
karya mural bergambar J-Hope di kota Gwangju (allkpop.com)

Mengutip laman Allkpop.com fan asal Tiongkok membuat lukisan mural raksasa di Gwangju, kota kelahiran pria bernama asli Jung Ho-seok itu. Setinggi 3,5 meter dan sepanjang 12 meter, mural warna-warni bergambar J-Hope merias dinding Youth Balsan Village di Yang 3-dong.

Kabarnya, pembuatan karya tersebut menghabiskan 4,5 juta won atau kurang lebih setara dengan Rp57,1 juta. Harapannya, kreasi mural ini akan menambah keindahan kota dan meningkatkan pariwisata di wilayah tersebut.

Fan juga memberikan donasi kepada pemerintah distrik Buk-gu, Gwangju. Menurut laporan, klub penggemar bernama Hope on the World dan komunitas Favorite Idol J-Hope menyumbangkan 55 selimut senilai 2,75 juta won (Rp35 juta) atas nama idol tersebut.

7. Jin BTS

Jin BTS (twitter/@bts_bighit)
Kim Seok Jin (twitter/@bts_bighit

Pada 2019 lalu, tepatnya ulang tahun ke-27 anggota BTS bernama asli Kim Seok Jin ini, seorang penggemar asal Indonesia memberikannya sebuah kado yang cukup unik.

Dikutip dari akun Twitter penggemar BTS, @jin_madnae, seorang fans Indonesia menghadiahi Jin sebuah bintang di langit.

"Army Indonesia mempersembahkan bintang bernama Kim Seokjin untuk hadiah ulang tahunnya."

"Alasan pemberian bintang adalah karena ketika ARMY menatap langit bersama-sama, meskipun di tempat yang berbeda tetapi mereka dapat melihat bintang yang sama," tulis @jin_madnae.

Pemilik akun @jin_madnae juga mengunggah sebuah video yang menunjukkan bahwa fans tersebut telah mendaftarkan sebuah bintang atas nama Jin BTS.

Bintang itu terletak di dekat rasi bintang Sagitarius, sesuai dengan zodiak Jin.

Hingga kini, tidak ketahui apakah bintang tersebut benar-benar merupakan hadiah dari ARMY asal Indonesia. Pasalnya sertifikat tersebut hanya menampilkan tulisan ARMY tanpa menyebutkan nama seseorang.

Itu tadi beberapa persembahan yang ARMY berikan kepada idola kesayangan merek, BTS. Sebagian banyak hadiah itu juga dilakukan dalam bentuk hal-hal baik dan memberikan dampak positif bagi sekitarnya. Bahkan tak jarang para member idol juga memberikan donasi yang cukup besar bagi orang membutuhkan saat ulang tahun mereka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak