alexametrics

6 Cara Cerdas Mengurangi Konsumsi Listrik Saat Menggunakan Rice Cooker

Joko Utomo
6 Cara Cerdas Mengurangi Konsumsi Listrik Saat Menggunakan Rice Cooker
llustrasi rice cooker. (Unsplash/McLee)

Salah satu perabot dapur dan rumah tangga yang sering membuat konsumsi listrik jadi semakin boros adalah rice cooker. Hampir setiap hari peralatan elektronik ini dipakai untuk menanak nasi. Meski demikian permasalahan ini dapat diselesaikan dengan mudah melalui beberapa cara cerdas sebagaimana ulasan dari tribunnews berikut ini :

1. Merendam beras

Sebelum menanak nasi, sebaiknya berasnya direndam lebih dulu dalam air selama 30 menit. Setelah melalui proses perendaman, beras tersebut jadi lebih lunak dan mudah mengembang. Sehingga menjadi semakin cepat matang pula ketika dimasukan dalam rice cooker

2. Menggunakan air panas

Langkah berikutnya, pakai air panas sehingga proses pematangan nasi semakin cepat berjalan. Oleh karena prosesnya jadi lebih cepat, maka secara otomatis penggunaan daya listriknya akan berkurang.  

3. Memilih rice cooker multifungsi

Ketika membeli rice cooker baru, jangan hanya tergiur oleh harga yang murah saja. Pilih yang bersifat multifungsi misalnya dapat digunakan untuk menghangatkan atau mengukus makanan secara bersamaan. Sehingga penggunaan listrik akan berkurang semakin berkurang.

4. Menyesuaikan dengan kebutuhan 

Selain itu sesuaikan kapasitasnya dengan kebutuhan. Makin besar kapasitasnya, makin tinggi pula kebutuhan daya listriknya. Sebagai patokan, apabila dalam satu keluarga terdapat 4 hingga 5 orang, cukup menggunakan rice cooker dengan kapasitas 1 liter saja. 

5. Matikan rice cooker saat tidak digunakan

Sebagian besar orang tetap menghidupkan rice cooker meski nasinya sudah matang. Alasannya adalah agar nasi tersebut selalu dalam kondisi hangat dan tetap terasa enak saat dimakan. 

Kebiasaan seperti ini adalah sebuah kesalahan besar. Sebaiknya rice cooker tersebut langsung dimatikan jika sudah selesai digunakan dan hidupkan lagi saat mau makan atau ingin menghangatkan hidangan.  

6. Rajin membersihkan

Tak jauh beda dengan perabot dapur lainnya, rice cooker juga harus rajin dibersihkan terutama pada bagian wadah untuk menaruh beras. Jika ada sisa nasi yang masih menempel, peralatan elektronik ini tidak dapat bekerja secara optimal. Akibatnya, konsumsi daya listrik akan membengkak. 

Itulah beberapa cara cerdas mengurangi konsumsi daya listrik saat menggunakan rice cooker. Silahkan mempraktikkan dan buktikan sendiri bahwa penggunaan daya listrik bisa menjadi jauh berkurang. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak