alexametrics

Skripsi Berhenti di Tengah Jalan, Bikin Panik! Begini Solusi Mengatasinya

Shafira Candra Dewi
Skripsi Berhenti di Tengah Jalan, Bikin Panik! Begini Solusi Mengatasinya
Ilustrasi menulis skripsi (pixabay)

Skripsi merupakan tugas akhir mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta. Skripsi kerap kali menjadi momok bagi mahasiswa karena takut apabila yang dikerjakan sering tidak sesuai dengan yang dimaksud dosen pembimbing. Buat kamu yang skripsinya stuck di tengah jalan, pikiran buntu, dan tak tahu harus berbuat apa. Berikut solusinya... 

1. Mulailah segala sesuatu dengan membaca do'a

Kekuatan do'a memang tidak diragukan lagi. Dengan berdo'a juga hati kita terasa begitu tenang. Mulailah segala aktivitasmu dengan berdo'a, dalam mengerjakan skripsi pun harus membaca do'a terlebih dahulu agar diberi kemudahan dalam mengerjakan. Minta pada Tuhan agar skripsimu cepat selesai dan kamu segera diwisuda. 

2. Ajak temanmu berdiskusi tentang kelanjutan skripsimu

Jika kamu memiliki teman satu jurusan yang sekiranya bisa kamu andalkan untuk membantumu maka ambil peluang itu dengan mengajaknya berdiskusi tentang skripsimu. Akan tetapi jangan mengandalkan teman hanya untuk keuntunganmu saja ya, apabila dia mengalami kesulitan maka bantulah dia. Dengan begitu tercipta hubungan timbal balik yang kuat diantara kalian. Sehingga jika suatu saat kamu menemui permasalahan, kamu tidak segan lagi untuk meminta tolong padanya. 

3. Banyak-banyak membaca buku dan jurnal penelitian terdahulu

Jika arah skripsimu masih belum berjalan sesuai keinginanmu, maka banyak-banyaklah membaca buku dan jurnal penelitian terdahulu sesuai topik skripsimu untuk memperkaya kosa katamu. Apabila kamu tidak banyak membaca, kamu tidak akan mendalami topik penelitianmu sehingga stuck disitu-situ saja.

4. Ikuti arahan dosen pembimbing dan tetap kerjakan sesuai revisi

Apabila kamu mendapat revisi dosen, sebaiknya catat revisi tersebut dengan jelas dan detail. Hingga kamu mengerjakan revisian itu secara menyeluruh dan mencakup semua, dengan begitu saat bimbingan selanjutnya kamu tidak mendapat revisi yang sama. Benahi setiap kata atau kalimat yang belum sesuai. Koreksi juga typo-typo karena kesalahan menulismu sebelumnya. 

5. Jangan mengeluh selain pada Tuhan

Skripsi adalah tantangan yang harus kamu selesaikan. Jangan cepat mengeluh selain kepada Tuhan. Karena mengeluh hanya akan memperlambat prosesmu dalam mencapai tujuanmu dan dapat membuatmu semakin khawatir. Jangan melihat teman-temanmu yang lebih dulu selesai, kerjakan dengan tenang. Setiap orang mempunyai waktunya sendiri-sendiri untuk bisa lulus skripsi. 

6. Ingat gelar dan wisuda sedang menanti di depan

Bicara skripsi juga bicara gelar bicara wisuda. Cepat tuntaskan karena itu semua sudah di depan mata. Lekas raih dan bahagiakan orang-orang sekitarmu terutama orang tuamu.

Sekian solusi-solusi dalam menghadapi skripsimu yang stuck atau berhenti di tengah jalan. Semoga dapat memberikan pencerahan bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.Tetap semangat ya..

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak