alexametrics

6 Tips Mengisi Senin dengan Mood Baik

Rizky Melinda Sari
6 Tips Mengisi Senin dengan Mood Baik
Ilustrasi Hari Senin. (.pexels.com//6690827)

Senin kembali menyapa. Sebagian orang mengaggap senin sebagai hari yang berat dan tidak menyenangkan dibanding dengan hari-hari lainnya dalam seminggu. Orang-orang setuju dengan ilustrasi yang menggambarkan perjalanan dari weekend ke Senin bagaikan menuruni lembah curam menggunakan sepeda.

Sedangkan dari Senin ke weekend bagaikan mendaki sebuah gunung dengan segala hambatan dan rintangan. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantumu untuk tetap menikmati dan menjalani hari Senin serta hari-hari lainnya sebelum kembali bertemu weekend dengan baik.

1. Buat To Do List

Salah satu cara untuk tetap bersemangat menjalani hari adalah dengan membuat daftar hal-hal yang akan dilakukan. Terkadang, salah satu hal yang membuat kita malas adalah karena kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, tidak tahu mana yang harus didahulukan.

Pagi hari sebelum sarapan atau malam hari sebelum tidur, buatlah sebuah daftar yang berisi hal-hal yang akan dilakukan esok hari, serta tentukan prioritas dari yang paling urgent. Dengan demikian, kegiatan kita esok hari akan tertata dan memiliki tujuan yang jelas sehingga kita tidak perlu mengeluarkan energi terlalu besar untuk hal-hal yang tidak perlu.

2. Sarapan

Sarapan memegang peran yang sangat penting dalam menjalani aktivitas satu hari penuh ke depannya. Sesederhana selembar roti dan segelas air putih, cobalah untuk membiasakan selalu sarapan.

Perut yang kosong dari pagi hingga menjelang makan siang akan mengganggu kegiatan produktif kita, serta membuat kita tidak bersemangat dan tidak bertenaga. Perut yang kosong juga dapat memicu emosi tidak baik yang dapat menyebabkan mood kita juga tidak baik sepanjang hari.

3. Bangun pagi

Terkadang bangun pagi dipandang sebagai sebuah beban, padahal ia memiliki manfaat yang besar sekali. Bangun pagi membantu tubuh untuk rileks dan tidak tergesa-gesa dalam menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk menjalani hari. Udara di pagi hari juga sangat bagus untuk kesehatan.

Awali bangun pagimu dengan rasa syukur, berterima kasih kepada Tuhan karena masih diizinkan untuk bangun pagi. Coba bayangkan, sudah hari hari Senin, bangun kesiangan pula. Bersyukurlah karena masih diberi kesempatan untuk menikmati pagi hari.

4. Perbanyak minum air putih

Selalu sediakan air putih dalam jarak jangkauanmu untuk menjaga kebutuhan air putih bagi tubuh. Banyak pakar kesehatan menganjurkan minum air putih 2 liter per hari karena memang air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta jiwa. Ketika pekerjaan atau tugas sudah terlalu menjenuhkan, minumlah segelas air putih untuk mendinginkan dan menyegarkan pikiran. 

5. Dengarkan lagu penuh semangat

Mood yang sedang tidak baik dapat kembali hanya dengan mendengarkan lagu favorit dan penuh semangat. Setiap orang mungkin memiliki selera musik yang berbeda, pilihlah musik yang sesuai dengan seleramu, pilih yang sekiranya dapat membantu menaikkan mood-mu, dan putarlah saat kau sedang jenuh atau saat sedang istirahat makan siang. Musik yang ceria sedikit banyak dapat memperbaiki mood.

6. Puasa media sosial

Bukan berarti kita tidak boleh membuka media sosial seperti instagram dan twitter sepanjang hari, tapi bukalah pada saat-saat kita memang sedang santai. Hindari membuka media sosial saat kita sedang lelah karena postingan-postingan yang lewat di beranda kita tentang apapun, dapat semakin memperlelah pikiran kita.

Bukannya merilekskan pikiran, yang ada pikiran kita bertambah ruwet melihat postingan berlibur ke bali, sarapan dengan pacar, jogging keluarga harmonis, dan lain-lain.

Keenam tips di atas mungkin bisa menjadi referensi untuk membuat hari seninmu tidak semenyeramkan kelihatannya. Tetap semangat dan produktif dalam menjalani hari. Semangat Senin!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak