alexametrics

WOW! Inilah Ajang Balap Motor Bergengsi yang Diselenggarakan di Indonesia

jefri adi setiawan
WOW! Inilah Ajang Balap Motor Bergengsi yang Diselenggarakan di Indonesia
Ilustrasi balap motor. (unsplash.com/Harlie Raethel)

Sekitar dua dekade lalu Indonesia menyelenggarakan berbagai ajang balap bergengsi seperti World Rally Championship alias WRC dan GP 500 yang sekarang bernama MotoGP.

Sirkuit Sentul merupakan satu-satunya sirkuit berskala internasional yang dimiliki Indonesia. Namun sekarang Indonesia memiliki lagi sirkuit berskala internasional yaitu Mandalika International Street Circuit alias MISC, beberapa ajang balap bergengsi akan segera diselenggarakan seperti MotoGP dan WSBK.

Dalam laman motogp.com selaku laman resmi MotoGP, rilis sementara kalender balap musim 2022 menempatkan Indonesia menjadi tuan rumah pada seri kedua yang direncanakan pada 20 Maret 2022. Musim balap tahun 2022 direncanakan sebanyak 21 seri ketika seri pembuka akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2022 di Qatar.

Dengan masuknya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara MotoGP, maka akan ada tiga negara kawasan asia tenggara yang akan ikut dalam penyelenggaraan balapan ini. Selain Indonesia, Thailand akan menggelar seri kedelapan belas di Chang International Circuit dan Malaysia akan menggelar seri kedua puluh di Sepang International Circuit.

Selain MotoGP, sirkuir Mandalika juga akan menggelar ajang balap FIM MOTUL Superbike World Championship atau biasa disebut Superbike. Dalam laman worldsbk.com, kalender balap 2021 menempatkan Indonesia sebagai tuan rumah pada seri ketiga belas yang dihelat pada 19-21 November 2021. Dalam tiga hari sirkuit Mandalika akan menggelar rangkaian agenda balapan, mulai free practice hingga balapan utamanya.

Pada hari pertama akan digelar free practice 1 dan free practice 2. Keesokan harinya akan dilaksanakan free practice 3 pada pagi hari dan Superpole saat menjelang siang hari. Selanjutnya akan digelar Race 1 selepas menggelar Superpole. Pada hari terakhir gelaran Superbike akan dilaksanakan Warming Up Practice, Superpole Race, dan Race 2

Sirkuit Mandalika terletak di kawasan ekonomi khusus Mandalika yang terletak di desa Kuta, Lombok Tengah provinsi Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan terdapat di dalamnya. Kapasitas yang dapat ditampung sebanyak 195.700 orang dengan 50.000 tempat duduk di Grandstand. Menarik untuk ditunggu bagaimana gelaran balap ini berlangsung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak