alexametrics

4 Alasan Logis Mengapa Terkadang Perlu Mengalah Terhadap Sesuatu Hal

Bagus Pra
4 Alasan Logis Mengapa Terkadang Perlu Mengalah Terhadap Sesuatu Hal
Ilusrasi menenangkan diri. (pexels.com/Kelvin Valerio)

Pada dasarnya, semua orang berharap semua keinginannya dapat terwujudkan. Tapi, ada kalanya untuk bisa bersikap mengalah untuk terhindar dari hal buruk.

Namun, tidak semua orang mau melakukannya. Sebab, kondisi diri telah dipengaruhi dengan ego di dalam diri. Bagaimanapun juga, hal ini memang wajar terjadi, lantaran mengontrolnya bukanlah perkara yang mudah.

Maka dari itu, simak 4 alasan logis mengapa terkadang perlu mengalah terhadap sesuatu hal.

1. Bukan selalu artinya kekalahan

Sebagian orang terkadang menganggap tindakan mengalah sama artinya dengan kekalahan. Bagaimanapun juga, hal ini tidak tepat. Sebab, kalau kita tahu bahwa akan ada permasalahan untuk diri sendiri jika terus memaksanya, justru bisa menjadi bumerang ke depannya.

Maka dari itu, kita perlu mengalah atau mengambil langkah mundur sebelum hal buruk terjadi pada diri kita. Bisa saja dengan cara ini justru membuatmu bisa bertahan dan memenangkan sesuatu hal.

2. Terkadang membuat hidup jadi tenang

Kondisi mengalah bisa membuat hidup jadi tenang. Sebab, kalau kita menghadapi sesuatu hal yang tidak ada jalan keluarnya, ada kalanya kita harus bisa mengalah dengan keadaan.

Apalagi kita menghadapi perdebatan yang tidak jelas, justru sifat mengalah dibutuhkan. Cara ini memang dibutuhkan untuk kamu tidak mudah sakit hati terhadap orang lain.

3. Memiliki kebesaran hati

Kita paham tidak semua orang mampu untuk bersikap mengalah. Terlebih lagi jika memiliki sifat ego yang tinggi, kata mengalah bukan langkah yang tepat. Bagaimanapun juga, sebagai manusia kita tetap harus memiliki kebesaran hati.

Maksudnya, kita harus terbiasa menyikapi permasalahan dalam hidup dengan kesabaran untuk menghadapinya. Meskipun kondisinya sesulit apa pun, belajar mengalah terkadang bisa membuat hati jauh lebih tenang.

4. Tidak semua hal bisa kamu wujudkan

Semua hal yang diri kita inginkan, belum tentu dapat terwujudkan, pasti kamu pernah merasakannya. Maka dari itu, hal ini perlu ditanamkan dalam pola pikirmu supaya tidak terus-menerus memperjuangkan yang jelas-jelas tidak mungkin terjadi.

Bagaimanapun juga, setiap orang mampu memperjuangankan mimpi dan terwujud, kalau dia bisa bersikap realistis dengan kondisinya saat ini. kalau dirasa benar-benar sulit dan tidak mungkin, akan mencari cara yang berbeda tapi dengan tujuan yang sama.

Berdasarkan ulasan di atas, sifat mengalah memang dibutuhkan di dalam kondisi tertentu. Tapi, bukan berarti menjadikanmu sebagai orang yang mudah menyerah dengan keadaan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak