alexametrics

4 Tips Agar Pasangan Tak Cemburu Berlebihan, Hubungan Jadi Sehat!

Riva Khodijah
4 Tips Agar Pasangan Tak Cemburu Berlebihan, Hubungan Jadi Sehat!
Ilustrasi marah. (pexels.com/Philip Justin Mamelic)

Senantiasa dicemburui bukanlah perasaan yang menyenangkan. Dan ini bisa terjadi, apabila pasanganmu memiliki rasa cemburu yang berlebihan. Dan itu nggak baik bagi hubungan. Hubungan jadi toksik!

Rasa cemburu yang berlebihan ini bisa disebabkan rasa tidak aman atau insecure yang dialami pasangan. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa tips supaya pasangan tak lagi cemburu buta. Apa saja?

1. Katakan kalau kamu mencintainya

Boleh jadi, dia dulunya pernah disakiti. Sehingga jadi sulit percaya, sehingga miliki cemburu yang berlebih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan afirmasi positif. Yakni, sering-sering mengatakan bahwa kamu mencintai dan menyayanginya, sehingga ia lama-lama jadi yakin, bahwa perasaanmu padanya memang tulus, nggak main-main!

2. Tetap berikan ia perhatian saat sedang bersama teman-temanmu

Hal lain yang bisa kamu lakukan supaya dia nggak cemburu buta lagi, adalah dengan tetap memberinya perhatian saat sedang bersama teman-teman, terutama jika ada teman lawan jenis di dalamnya. Hal tersebut juga bisa jadi sinyal, bahwa kendati kamu akrab dengan mereka, tapi sebatas teman, bukan kekasih.

Libatkan pula pasanganmu dalam percakapan, agar dia bisa berbaur. Dengan dia menjadi lebih akrab terhadap teman-temanmu, bisa mengurangi rasa cemburu yang ia punya.

3. Ajak pasangan ke acara-acara yang kamu ikuti

Sesekali ajak pula pasanganmu ke acara-acara yang kamu ikuti. Misalnya, acara kantor, atau acara ngumpul bareng bersama teman-teman lainnya. Dengan mengenalkannya pada rekan kerja atau teman-temanmu, bisa memberinya rasa aman bahwa kamu memang serius menjadikannya pasangan.

4. Tetap menghubungi, meski kamu sedang nggak bersamanya

Kendati kalian tidak sedang bersama, tetap jaga komunikasi. Hal seperti ini bisa mengurangi rasa khawatir, sekaligus meyakinkan, kalau dia selalu ada di pikiranmu, meski sedang terpisah jarak.

Bila hal-hal tadi sudah kamu upayakan, tapi dia tetap cemburuan juga, maka sampaikan padanya. Sikapnya yang cemburu buta itu, sudah menyakiti hatinya. Karena secara tidak langsung, menuduh kalau kamu nggak punya integritas.

Kamu berhak untuk merasa nggak nyaman dengan sikap pasangan yang cemburu berlebihan. Karena hubungan jadi nggak sehat. Beri ketegasan padanya, kalau memang dia nggak memercayai kamu, mending nggak usah berhubungan aja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak