alexametrics

5 Cara Melawan Rasa Malas saat Kerja, Supaya Karier Cepat Melejit!

Latifah ..
5 Cara Melawan Rasa Malas saat Kerja, Supaya Karier Cepat Melejit!
Ilustrasi wanita karier. (pexels.com/Gustavo Fring)

Tak ada satu pun atasan yang suka dengan karyawan yang malas. Jangankan berharap naik gaji atau naik jabatan, masih bertahan di perusahaan saja sudah syukur. Karena itu, jangan malas!

Bila kamu ingin karier cepat melejit, nggak stuck di posisi yang sama bertahun-tahun lamanya, dengan gaji yang besarnya cuma naik sedikit, maka wajib hukumnya rajin dan menunjukkan performa baik. Dan berikut ini, akan dibahas beberapa cara untuk melawan rasa malas yang umum melanda para pekerja. Simak baik-baik!

1. Temukan penyebabnya

Malas itu bisa diubah, dan umumnya ada pemicunya. Supaya bisa mencegah atau melawan rasa malas, maka kamu perlu untuk mengenali penyebabnya.

Misalnya, kamu jadi malas kerja kalau bangun kesiangan. Nah, cari cara supaya kamu bisa bangun tepat waktu. Misalnya, “haram” hukumnya begadang saat hari-hari kerja, kemudian di malam harinya, lakukan persiapan apa-apa saja yang hendak dibawa saat kerja, agar pas pagi bisa lebih santai. nggak keteteran!

2. Jaga aura positif

Aura positif merupakan cara ampuh untuk mencegah rasa malas. Kamu bisa menjaga aura positif, misalnya dengan menghindari cek berita di media sosial saat bangun pagi. Karena seperti kita tahu, sebagian besar pemberitaan, isinya negatif. Misalnya, berita kriminal, tingkah artis yang nggak karuan, dan banyak berita negatif lainnya.

Dan berita negatif ini, bisa menularkan aura negatif juga, lho. Yang tadinya kamu semangat, setelah terpapar info yang nggak baik, mood jadi menurun.

3. Buat jadwal dan prioritas

Biasakan untuk membuat jadwal harian, kamu harus ngapain aja hari itu. Ini membantu supaya kamu bisa lebih terorganisir.

Susun pula mana tugas-tugas yang menjadi prioritas. Karena salah satu penyebab kemalasan, adalah perasaan capek atau kewalahan karena melihat banyak tugas yang mesti diselesaikan. Dan itu bisa diatasi, misalnya dengan menyelesaikan tugas yang jadi prioritas terlebih dahulu.

4. Hindari mengeluh

Kalau kamu punya kebiasaan mengeluh, sebaiknya mulai sekarang dibuang jauh-jauh. Selain mengeluh nggak ada gunanya, melakukan itu, bisa membuatmu dibayang-bayangi aura negatif. Kamu jadi berpikirnya yang buruk melulu.

5. Lakukan self-reward

Di tiap pencapaian yang telah kamu berhasil gapai, coba berikan self-reward. Misalnya, kamu berhasil menyelesaikan tugas yang berat. Bolehlah, sesekali mentraktir dirimu secangkir kopi kekinian, atau sebatang coklat.

Self-reward seperti ini, bisa menjaga stamina semangatmu. Karena kamu jadi menghargai tiap pencapaian, meski kecil. Asalkan diingat, ya, self-reward yang kamu lakukan jangan sampai melebihi anggaran keuangan pribadimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak