alexametrics

4 Cara Melupakan Masa Lalu dengan Damai, Harus Ikhlas!

Rizki Putra
4 Cara Melupakan Masa Lalu dengan Damai, Harus Ikhlas!
Ilustrasi wanita memandang lampu hias. (pexels.com/Kha Ruxury)

Semua orang pastinya memiliki pengalaman masa lalu yang baik ataupun buruk. Bagaimanapun juga, yang telah berlalu biarlah berlalu. Jadi, tidak perlu diungkit atau diingat kembali, tapi harus fokus dengan keadaan saat ini.

Namun, kalau kejadian masa lalumu sangatlah menyakitkan, sampai-sampai membekas di benakmu, maka kamu harus segera move on. Maka dari itu simak 4 cara melupakan masa lalu dengan damai.

1. Harus menerima dengan lapang dada

Kenyataannya, masa lalu tidak mungkin hilang begitu saja di kehidupanmu. Namun, yang perlu kamu hanya bisa menerima semua kejadian dengan lapang dada. Hal ini termasuk dengan perasaan sedih, kecewa, amarah, dan ketakutan pun harus bisa menerimanya.

Sebaiknya, tidak masalah jika ingin meluapkan emosi yang ada di benakmu. Sebab, supaya tidak terjadi penyakit hati atau terlalu lalu dipendam yang ada justru menyakiti diri sendiri. Namun, jangan berlarut-larut, ya!

2. Hidupmu tetap harus berjalan

Selalu hidup dalam kenangan masa lalu justru menjerumuskanmu dalam kondisi tersebut. Sebab, kamu akan sulit melihat kondisi saat ini. sehingga, akan sulit berkembang menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Alhasil, hidupmu tetap harus berjalan sebagaimana mestinya. Bagaimanapun juga, setiap masa sulit, tentu akan ada kebahagiaan kedepannya, ataupun sebaliknya. Oleh karena itu, percayalah pada diri sendiri untuk mampu menghadapi segala rintangan kehidupan.

3. Lakukan sesuatu hal yang membuatmu bahagia

Supaya tidak terjerak dalam kehidupan masa lalumu, ada baiknya cari pengalihan pikiranmu tersebut, dengan melakukan sesuatu hal yang membuatmu bahagia. Mulailah bergerak untuk membahagiakan diri sendiri, ya!

Sebab, setiap orang berhak mencari dan mendapatkan kebahagiaannya. Maka dari itu, jangan patah semangat ketika menghadapi permasalahan dalam kehidupan.

4. Berikan yang terbaik yang sedang kamu lakukan saat ini

Mulailah menjalani kehidupan untuk fokus dengan tujuan hidupmu, yang sebelumnya sempat tertunda karena selalu mengenang terhadap masa lalumu. Namun, berikan yang terbaik yang sedang kamu lakukan saat ini. Kalau kamu sudah tahu yang terbaik untuk dirimu sendiri, artinya kamu sudah siap untuk mencari dan mendapatkan kebahagiaanmu.

Berdasarkan ulasan di atas, masa lalu hanya bisa dikenang, yang berlalu biarlah berlalu. Namun, tetap harus bangkit untuk fokus terhadap kondisi saat ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak