alexametrics

5 Jenis Tanaman yang Cocok Dijadikan Hiasan di Rumah, Bikin Ruangan Semakin Cantik!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Jenis Tanaman yang Cocok Dijadikan Hiasan di Rumah, Bikin Ruangan Semakin Cantik!
Tanaman hias palem areca (Elements Envato)

Kamu salah satu pencinta tanaman hias? Hobi satu ini memang tengah menjadi tren di kalangan ibu-ibu zaman now. Selain untuk mengisi waktu luang, hobi mengoleksi tanaman juga dapat meredakan stres. Dengan melihat warna-warni bunga yang ada di halaman rumah, tentu saja akan merilekskan pikiran kita.

Berikut ini adalah 5 jenis tanaman hias cantik yang cocok anda jadikan koleksi di rumah.

1. Geranium

Tanaman Gantung Bunga Geranium
Tanaman Gantung Bunga Geranium

Geranium ini termasuk dalam keluarga Geraniaceae yang sebagian besar jenisnya berasal dari Afrika Selatan. Bunga cantik ini memiliki beragam jenis warna, di antaranya merah muda, ungu, dan putih.

Kalau ingin memiliki jenis dengan kelopak warna ganda, kamu bisa melakukan teknik stek batang. Selain untuk hiasan, bunga ini juga dijadikan sebagai bahan untuk membuat parfum. Cara perawatan bunga ini pun cukup mudah, yakni hanya dengan memberinya asupan sinar matahari dan air yang cukup.

2. Kaktus

Tanaman hias kaktus. (Unsplash)
Tanaman hias kaktus. (Unsplash)

Nah, kalau yang satu ini pasti anda sudah tidak asing lagi. Baik kolektor bunga hias atau bukan, pasti semua sepakat kalau kaktus hias adalah tanaman yang cocok dijadikan hiasan di rumah.

Bentuknya yang mini terlihat minimalis dan menambah kesan estetik pada ruangan. Ada banyak jenis kaktus yang ada di pasaran. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera. Untuk perawatannya, kaktus ini tergolong susah-susah gampang. Kaktus tidak boleh terlalu sering disiram, paling tidak seminggu sekali dengan air yang sedikit. Kemudian jangan lupa untuk menjemur kaktus agar mendapat asupan cahaya matahari.

3. Anthurium

Bunga Anthurium. (Shutterstock)
Bunga Anthurium. (Shutterstock)

Tanaman yang masuk dalam keluarga Araceae ini memiliki keunikan tersendiri karena bentuk daunnya. Daunnya memiliki berbagai macam warna dengan tulang daun yang besar dan menonjol. Bunga ini memberi kesan ekslusif apabila dijadikan tanaman hias, sehingga cocok dijadikan koleksi kamu.

4. Hortensia

Bunga hortensia atau hydrangea ini asalnya dari Asia Timur. Tanaman ini tergolong dalam kategori tanaman semak. Meski demikian bunganya sangat indah dengan warna merah muda dan keunguan. Bunganya bergerombol membentuk satu kesatuan.

5. Amarilis

Kebun bunga Amarilis di Gunungkidul
Kebun bunga Amarilis di Gunungkidul

Amarilis atau Amaryllis Belladonna ini juga cocok kamu jadikan koleksi di rumah. Bunganya yang memiliki berbagai macam jenis warna akan menjadikan rumah kamu terlihat semakin ciamik. Namun, bunga ini biasanya hanya mekar saat menjelang musim penghujan dan hanya bertahan selama beberapa minggu saja.

Itulah 5 jenis tanaman hias yang cocok kamu jadikan hiasan sekaligus koleksi di rumah. Tentu akan membuat hunian anda semakin indah dan nyaman ditempati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak