alexametrics

4 Tipe Teman yang Merusak Suasana Hati

Shafira Candra Dewi
4 Tipe Teman yang Merusak Suasana Hati
Ilustrasi Teman Jahil. (Pexels.com//Ivan Samkov)

Mempunyai banyak teman memang sangat menyenangkan. Apalagi bisa menghiburmu dan membuatmu tertawa. Banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman seperti makan bersama, traveling, hingga belajar bersama dan berdiskusi untuk menambah wawasan pengetahuanmu. Namun tidak dapat dipungkiri lagi, pasti ada saja satu atau dua orang temanmu yang merusak suasana hatimu. Berikut tipe-tipe teman yang merusak suasana hati:

1. Banyak bicara, bawel

Orang yang mempunyai sifat banyak bicara atau bawel biasanya tidak disukai banyak orang karena dinilai berisik dan sangat mengganggu. Ini juga terjadi pada sebagian orang yang memiliki teman bawel. Teman bawel sangat memungkinkan untuk merusak suasana hati temannya karena sifatnya itu.

Apalagi si teman sedang badmood dan baru putus cinta. Tipe teman yang satu ini tidak harus kamu jauhi, dia hanya menunjukkan perhatian berlebih padamu. Tetapi coba sesekali bicara padanya untuk tidak terlalu ikut campur masalahmu. 

2. Jahil

Teman jahil juga menjadi tipe kedua teman yang merusak suasana hati. Akhir-akhir ini memang sedang dikenal trend "prank teman" yang sering dilakukan oleh anak muda.

Akan tetapi pada saat-saat tertentu kamu sedang tidak ingin bercanda, maka teman dengan tipe ini harus kamu tegur sedikit agar dia tahu batasan-batasan dalam melakukan sesuatu. Kita tidak tahu kondisi jantung seseorang, maka jangan sering-sering mengejutkan orang lain ya. 

3. Baperan

Tipe teman yang merusak susuasa hati berikutnya adalah tipe teman baperan. Sedikit-sedikit dia merasa tersinggung atas ucapan teman-temannya padahal hanya bermaksud sebagai lelucon saja. Orang dengan tipe ini juga tidak harus kamu jauhi, hanya diberi sedikit pengertian saja agar dia tidak terlalu tegang menanggapi suatu hal. 

4. Toksik

Tipe teman yang satu ini jelas membuat suasana hatimu menjadi tak karuan. Masalahnya dia sangat meresahkan hatimu. Dia berusaha menjerumuskanmu pada hal-hal yang tidak baik, pergaulan yang tidak sesuai dengan ajaran orang tuamu dan melampaui batas wajib kamu jauhi dan hindari. Memang agak susah keluar dari pergaulan seperti ini, tapi dengan niat dan usaha kamu pasti bisa. 

Nah, itulah 4 tipe-tipe teman yang dapat merusak suasana hatimu, sebagian besar memang sangat menjengkelkan buatmu namun tidak perlu kamu jauhi. Tetap rangkul mereka sebagai temanmu. Namun teman toksik wajib kamu jauhi karena berdampak pada perilaku dan kepribadianmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak