alexametrics

Ketahui 4 Langkah Meminta Maaf Secara Tulus Ketika Berbuat Salah

Bagus Pra
Ketahui 4 Langkah Meminta Maaf Secara Tulus Ketika Berbuat Salah
Ilustrasi bertengkar. (pexels.com/Alex Green

Meminta maaf suatu hal yang perlu dilakukan ketika apa yang telah diperbuat membuat orang lain tersakiti. Walaupun terkesan mudah dilakukan, tapi meminta maaf bukanlah perkara yang mudah. Apalagi, jika kesalahanmu adalah hal yang sangat fatal hingga menyesali atas perbuatan yang telah dilakukan.

Untuk bisa memperbaiki hubungan, harus meminta maaf secara baik. namun, tidak semua orang bisa melakukannya. Maka dari itu, ketahui 4 langkah meminta maaf secara tulus ketika berbuat salah.

1. Sampaikan dengan kata-kata yang baik

Memilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan rasa minta maaf perlu dilakukan. Namun, berkatalah dengan jujur dengan orang lain, serta dirimu sendiri. Sehingga, benar-benar tulus mengungkapkannya tanpa ada maksud lain.

Tapi terkadang ada saja orang ingin meminta maaf, namun menyalahkan kembali orang lain. Hal ini menandakan bahwa belum bisa secara tulus untuk ingin meminta maaf.

2. Tidak mencari pembenaran

Permintaan maaf secara tulus juga harus berani mengakui tindakan yang telah diperbuat dan seberapa besar pengaruh rasa sakit terhadap orang yang telah kamu sakiti. Namun, jangan sampai kamu mencari pembenaran dari tindakanmu tersebut.

Sebab, kamu terkesan tidak tulus untuk meminta maaf atau bahkan justru menyalahkannya. Kalau hal ini sempat terpikirkan olehmu ketika ingin meminta maaf, maka sebaiknya berhentilah mencari pembenaran.

3. Berlebihan dalam meminta maaf

Meski kamu ingin meringankan rasa bersalahmu, jangan sampai bertindak berlebihan dalam mengungkapkannya. Mungkin cara itu bisa bermanfaat bagi dirimu, namun belum tentu bagi orang lain.

Mengungkapkan rasa permintaan maaf secara berulang-ulang meski permasalahan telah selesai, justru terkesan tidak tulus. Hal ini menandakan bahwa hanya kamu yang ingin mendapatkan pengakuan perasaanmu saja dibandingkan dirinya.

4. Meminta pengampunan

Hal ini menjadi poin penting dalam permintaan maaf, untuk bisa memberi kesempatan untuk mau memaafkan atas kesalahan yang telah kita perbuat ataupun tidak.

Sebab, seberapa besar ketulusanmu dalam meminta maaf, tidaklah menjadi jaminan untuk dapat pengampunan. Namun, kamu perlu mengungkapkan rasa penyesalanmu dan bisa menjelaskannya dengan baik.

Berdasarkan ulasan di atas, tidak hanya sekedar dari kata-kata saja, namun harus bisa bertanggung jawab dan memberikan tindakan nyata untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak