alexametrics

5 Pertanyaan Ini Harus Dihindari Saat Bertemu Teman-teman, Bisa Membuat Sakit Hati!

Shafira Candra Dewi
5 Pertanyaan Ini Harus Dihindari Saat Bertemu Teman-teman, Bisa Membuat Sakit Hati!
Ilustrasi Tersinggung. (Pexels.com//Liza Summer)

Ketika bertemu dengan teman-teman kita pasti akan membahas apa saja. Termasuk hal-hal pribadi yang menyangkut dirimu dan teman-temanmu. Juga aktivitas keseharian kalian untuk sekedar sharing hingga berbagi pengalaman selama liburan di luar kota atau luar negeri.

Saat sudah lama tidak bertemu, pasti baik kamu maupun teman-temanmu menanyakan hal-hal sensitif. Berikut 5 pertanyaan yang bisa membuat sakit hati, sebaiknya kamu hindari pertanyaan ini atau mengganti kalimatnya sehingga tidak menyinggung perasaan:

1. "Kapan nikah?"

Bagi orang yang masih fokus terhadap kuliah maupun karir, pertanyaan ini sangat sensitif untuk ditanyakan. Bisa saja temanmu menjadi tersinggung. Apalagi dia sedang tidak dekat dengan siapapun alias jomblo. Kamu harus berhati-hati dengan pertanyaan ini karena kita tidak tahu alasan mengapa seseorang belum menikah.

Jika kamu penasaran dengan kehidupan asmara temanmu tersebut, coba ganti pertanyaanmu seperti "Apa kamu punya rencana nikah setelah kuliah atau kerja dulu nih?" atau "Kamu rencana nikah umur berapa nih?". Dengan begitu kemungkinan besar temanmu tidak akan tersinggung asalkan kamu menyampaikannya pada suasana yang tepat ya.

2. "Kapan lulus?"

Bagi temanmu yang menginjak semester akhir pasti akan menghadapi ujian skripsi. Saat-saat seperti itu sebaiknya kamu tidak menanyakan kapan ia lulus. Ini justru akan menambah beban di pikirannya.

Sebaiknya kamu menyemangatinya yang sedang mengerjakan ujian skripsi. Ia pasti akan sangat berterima kasih kepadamu.

3. "Kamu gendutan ya sekarang?"

Pertanyaan ini dianggap sangat menyinggung dan menyakiti hati siapa saja, tidak terkecuali temanmu. Namun terkadang ada juga tipe-tipe orang yang tetap menanggapinya dengan have fun karena memang dia menyukai bentuk tubuhnya saat ini daripada sebelumnya.

Sialnya jika kamu melontarkan pertanyaan ini pada temanmu yang mudah tersinggung, tentu dia tidak akan menyukainya. Sebaiknya kamu mengganti pertanyaan tersebut seperti menanyakan kabar atau kesibukan apa yang sedang temanmu kerjakan sekarang. Itu lebih baik dibandingkan menanyakan kondisi fisik.

4. "Kamu jadi kurusan ya?"

Seperti halnya pertanyaan pada nomor 3 di atas, menanyakan kondisi fisik temanmu yang semakin kurus juga menyebabkan sakit hati. Seolah-olah menunjukkan kehidupannya yang tidak bahagia padahal ukuran bahagia tidak selalu berdasarkan fisik seseorang. Kebahagiaan itu ada di dalam hati.

5. "Masih jomblo?"

Ada tipe teman yang saat disodori pertanyaan "masih jomblo" malah justru tertawa dan tidak sampai dibawa hati begitu saja. Akan tetapi ada juga tipe teman yang mudah tersinggung sehingga ia sakit hati dengan pertanyaan tersebut.

Oleh sebab itu, pertanyaan satu ini harus kamu pikir dua kali untuk dilontarkan pada temanmu. Atau menggantinya dengan pertanyaan "Apa kamu sedang dekat dengan seseorang?" atau pertanyaan lain yang sekiranya tidak membuat sakit hati lawan bicara.

Demikian 5 pertanyaan yang bisa membuat sakit hati yang sebaiknya kamu hindari ketika berbicara dengan teman-temanmu. Apalagi kamu baru saja bertemu dengannya setelah sekian lama.

Hal ini untuk menjaga hubunganmu dengan dia agar tetap baik-baik saja. Siapa tahu suatu saat kita membutuhkan mereka dan mereka membutuhkanmu jadi lebih nyaman untuk dibicarakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak