alexametrics

4 Alasan Penting Etos Kerja Harus Ditanamkan Sejak Muda

Bagus Pra
4 Alasan Penting Etos Kerja Harus Ditanamkan Sejak Muda
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Ono Kosuki)

Memperoleh kesuksesan dalam hidup bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun, untuk memperoleh juga diperlukan etos kerja yang tinggi. Jika saat ini kamu sedang merintis karier dan bersungguh-sungguh ingin mewujudkan mimpimu, sudah seharusnya memiliki hal tersebut.

Sehingga, lebih mau untuk bekerja keras dan meningkatkan performa kerja. Maka dari itu, simak 4 alasan penting etos kerja harus ditanamkan sejak muda.

1. Usia muda peluang emas untuk merintis karier

Hal penting yang menjadi alasan etos kerja harus dimiliki sejak muda adalah bisa memperoleh peluang emas untuk merintis karier. Hal ini dikarena akan ada banyak kesempatan terbuka lebar untuk memilih dan fokus pada karier yang diinginkan.

Namun, kalau bekerja hanya setengah-setengah dan lebih banyak bermalas-malasan, alhasil peluangmu untuk bisa berkembang pun semakin sulit. Sebab, kalau tidak dimulai dari dirimu sendiri, mau sampai kapan mimpimu hanya sebatas angan-angan saja kalau tidak ada tindakan nyata darimu.

2. Agar tidak menyesal di waktu pensiun nanti

Waktu muda adalah yang tepat untuk menata hidup yang lebih baik kedepannya. Sehingga, akan mencari dan bertindak banyak hal untuk mewujudkan cita-citamu. Alhasil, di masa pensiunmu akan jauh lebih tenang lantaran sudah banyak hal yang bisa dicapai dengan etos kerjamu selama ini.

3. Kemampuanmu bisa digunakan secara maksimal jika dibarengi etos kerja

Memiliki kerja keras serta semangat yang tinggi memang dibutuhkan dalam bekerja. Namun, hal itu tidak cukup untuk bisa memperoleh karier idaman. Maka dari itu, juga diperlukan etos kerja. Kemampuanmu bisa digunakan secara maksimal jika dibarengi oleh etos kerja. Alhasil, kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik.

4. Posisimu sulit untuk digantikan

Persaingan dalam mencari dan mempertahankan pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Sebab, akan ada persaingan yang ketat demi mendapatkan pekerjaan. Alhasil, semua pelamar sudah banyak yang memiliki kopetensi diri yang tidak bisa dianggap remeh.

Maka dari itu, kalau kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai denganmu, maka sudah sepatutnya kamu perlu mempertahankannya. Etos kerja yang tinggi sangat diperlukan supaya posisimu sulit digantikan. Sebab, akan ada penilaian dari perusahaan tentang performa kerja.

Berdasarkan ulasan di atas, kalau sudah merintis karier bukan lagi waktunya kamu main-main, ya! Memiliki etos kerja ditanamkan sejak muda agar dirimu bisa memiliki sikap profesionalitas yang tinggi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak