alexametrics

Jangan Pasrah, Melatih Kepercayaan Diri itu Perlu!

Shafira Candra Dewi
Jangan Pasrah, Melatih Kepercayaan Diri itu Perlu!
Ilustrasi Orang Percaya Diri. (Pexels.com//The Lazy Artist Gallery)

Tidak semua orang bisa tampil percaya diri. Sebagian orang bahkan menutup diri dari pandangan publik. Ada baiknya sikap percaya diri ini perlu dipupuk dan dilatih sejak dini. 

Begitu banyak potensi-potensi yang dihasilkan oleh manusia bahkan sejak ia masih kecil. Jika minat bakat seseorang sudah ada sejak kecil, maka peran orang tua sangat penting dalam hal ini yaitu terus mendukungnya.

Semangati dia hingga percaya diri akan kemampuan yang dia miliki. Banyak anak di dunia ini yang tidak mendapat support dari orang tuanya sehingga ketika sudah dewasa tidak memiliki kepercayaan diri. Atau anak kecil yang terus-menerus disalahkan juga dapat menyebabkan ia tidak percaya diri. 

Melatih kepercayaan diri juga dapat dilakukan ketika beranjak dewasa. Misalnya tuntutan pekerjaan mengharuskan ia harus percaya diri. Untuk melatih kepercayaan diri, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Percaya bisa melakukan

Terlebih dahulu kamu harus memulai percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukan sesuatu. Jika rasa percaya itu sudah tertanam dalam dirimu, maka akan mudah kedepannya.

2. Jangan hiraukan pandangan orang lain

Menjadi pribadi yang percaya diri, sebaiknya dimulai dengan cuek terhadap tanggapan orang lain yang berusaha menjatuhkanmu. Jangan percaya kata mereka terlebih dahulu, tetap benahi dirimu secara konsisten. 

3. Jangan takut tampil beda

Tidak takut tampil beda ini berkaitan dengan penampilanmu. Sedikit ubah penampilanmu menjadi lebih oke lagi. Percaya diri saja dengan apa yang kamu kenakan sepanjang itu pastas digunakan dalam berbagai acara. Jika ke kantor, sebaiknya menggunakan jas dan kemeja. Jika berkumpul dengan teman-teman sebaiknya menggunakan baju santai. Jangan terbalik ya. 

4. Tunjukkan bahwa kamu bisa

Langkah terakhir setelah melalui tahapan-tahapan sebelumnya yaitu menunjukkan bahwa kamu bisa. Kamu bisa presentasi di kantor didepan para klien, kamu bisa presentasi di kelas didepan teman-temanmu. Kamu bisa, maka tunjukkan! 

Sekian langkah-langkah dalam melatih kepercayaan dirimu. Semoga setelah membaca tulisan ini kamu menjadi tergerak untuk tampil percaya diri ya. Tidak perlu takut! Jalani saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak