alexametrics

Agar Pertengkaran Tak Sampai Merusak Hubungan, 5 Hal Ini Wajib Dihindari!

Susanti ..
Agar Pertengkaran Tak Sampai Merusak Hubungan, 5 Hal Ini Wajib Dihindari!
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels/Alex Green).

Saat menjalin hubungan asmara, pasti kamu pernah bertengkar dengan pasangan. Itu wajar saja, kok. Selama pertengkaran yang kalian lakukan gak sampai kelewat batas.

Supaya pertengkaran gak menyebabkan rusaknya hubungan, bahkan jadi pemicu perpisahan. Berikut ini beberapa hal yang mesti kamu hindari saat bertengkar dengan pasangan. Apa saja?

1. Gak mengendalikan emosi

Di antara ciri orang yang cerdas, adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi. Bukannya berarti orang yang cerdas itu gak pernah marah. Melainkan, ia memastikan bahwa marahnya itu pada hal yang memang benar-benar penting.

Nah, ini mesti kamu terapkan pada hubungan amara. Jangan membiarkan segala persoalan sepele jadi penyebab pertengkaran. Itu bikin hubungan gak sehat, lho!

2. Melakukan kekerasan

Saat bertengkar dengan pasangan, hindari melakukan kekerasan. Baik kekerasan fisik, maupun verbal. Karena sering kali, justru tindak kekerasan inilah yang bikin hubungan jadi ambyar!

Meski tak menimbulkan lebam, bukan berarti kamu bisa mengabaikan dampak kekerasan verbal, lho. Dan hal ini sangat riskan dilakukan ketika kamu atau pasangan sedang emosi.

Semarah apa pun kamu dengannya, hindari mengucapkan kalimat yang bisa menyakiti hatinya. Ingat, apa yang sudah kamu ucapkan, tak bisa ditarik kembali, lho!

3. Mengungkit-ungkit masalah

Hal ini pula yang sering bikin pertengkaran jadi makin runyam. Karena yang memicu pertengkaran cuma satu soal, tapi jadi melebar ke masalah yang dulu-dulu.

Biasakan, ketika kamu sudah menyelesaikan satu masalah, jangan diungkit-ungkit lagi di kemudian hari. Sikap demikian bikin pertengkaran jadi semakin menjadi-jadi, dan hubungan jadi berisiko bubar!

4. Melakukan ancaman

Tindakan main ancam sungguh perbuatan yang sangat kekanak-kanakan. Dan itu bisa merusak hubungan. Karena sikap tersebut, menunjukkan kalau kamu gak bisa berkompromi, dan terbiasa memaksakan kehendak.

5. Mesti diselesaikan saat itu juga

Ada sebagian orang yang mesti menyendiri dulu, supaya bisa meredam emosi. Sehingga, pikirannya jadi lebih jernih, dan permasalahan pun jadi lebih enak untuk dibahas dan diselesaikan.

Nah, kalau pasanganmu tipe seperti ini, jangan memaksakan untuk menyelesaikan masalah saat itu juga. Berikan dia waktu menyendiri dulu, sampai dirasa sudah tenang. Karena masalah yang dibicarakan dalam kondisi hati dan pikiran adem, umumnya akan cepat selesai.

Jadi, gak perlu takut bertengkar lagi, ya. Yang penting, cara bertengkarmu sehat. Sehingga, gak merusak hubungan asmara!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak