facebook

4 Tanda Jika Pacarmu Sedang Berbohong, Jangan Sampai Tertipu!

Keza Felice
4 Tanda Jika Pacarmu Sedang Berbohong, Jangan Sampai Tertipu!
Ilustrasi Sepasang Kekasih. (Unsplash/Carly Rae Hobbins)

Salah satu kunci keberhasilan hubungan yaitu adanya sikap saling mempercayai. Hubungan yang kamu bangun bersama kekasih tidak akan berhasil bila salah satu di antara kalian memiliki banyak hal yang disembunyikan. 

Hampir setiap orang pernah melakukan kebohongan paling tidak satu atau dua kali. Hal tersebut juga mungkin terjadi di dalam sebuah hubungan asmara. Kebohongan masih mungkin terjadi di antara kamu dan orang yang kamu cintai. 

Mungkin kamu juga pernah bertanya-tanya, apakah kekasihmu pernah berbohong padamu. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Apabila kamu memperhatikan baik-baik beberapa tanda ini, kamu akan lebih mudah melihat apakah pacarmu sedang jujur atau bohong padamu.

1. Tidak langsung menjawab perkataanmu

Jika kekasihmu memang jujur, dia pasti tidak membutuhkan waktu yang lama hanya untuk menjawab perkataanmu, baik secara lisan ataupun saat kalian chatting. Apabila dia terlalu lama berpikir seakan-akan meragukan jawaban yang akan dia berikan, bisa jadi dia memang sedang menyembunyikan sesuatu. 

Dia sedang berusaha memberikan alasan agar kebohongannya tidak terlihat olehmu. Karenanya dia harus berpikir matang untuk mengelabuimu dengan memberikan jawaban yang masuk akal.

2. Berbicara dengan kaku

Kalau sebelumnya kalian selalu berbicara santai dan selalu menyelipkan candaan, tapi saat ini dia justru mengubah gaya bicaranya menjadi formal, ini bisa jadi karena dia mulai menyadari bahwa saat itu dia terpaksa berbohong padamu. Dia paham bahwa perilakunya itu salah, tetapi karena kondisi tertentu dia memilih untuk tetap berbohong. 

Karena merasa bersalah, secara tak sadar dia justru mengubah gaya bicaranya hingga terdengar cukup kaku dan terkesan aneh. Namun, ini merupakan cara terbaik baginya untuk menjauhkan diri dari kebenaran yang tidak mau dia akui. Sebab, dia harus tetap menutupi kesalahannya agar kamu tidak marah.

3. Terlalu banyak menyakinkanmu

Bukan merasa bangga, kamu justru perlu berhati-hati bila kekasihmu terlalu sering meyakinkanmu. Misalnya dengan berkata, “Aku sungguhan lho.” “Beneran, deh! Aku gak lagi bohong.” atau “Serius, deh.” 

Apabila dia memberikan pernyataan semacam ini lebih banyak daripada pertanyaan yang kamu tanyakan, mungkin ini dikarenakan dia sedang berusaha membohongimu. Agar  tidak ketahuan telah berbohong, dia berusaha meyakinkanmu serta membuatmu mempercayai setiap perkataannya. Sehingga kamu pun tidak lagi berpikir bila dia sudah menyembunyikan suatu rahasia di belakangmu.

4. Mengganti topik pembicaraan

Sering kali orang yang berbohong berusaha untuk menghindari topik pembicaraan tertentu. Apabila kebohongan yang dia lakukan sudah cukup parah, ditambah dia khawatir akan tertangkap basah olehmu, maka secara alami dia akan langsung mengganti topik pembicaraan kalian. Hal tersebut dilakukan karena dia khawatir tak sengaja mengatakan kebenarannya setelah lama berbicara denganmu. 

Jadi, tak heran bila dia langsung mengalihkan topik obrolan dengan antusias. Dia akan berusaha menarik perhatianmu sampai akhirnya kamu memberikan respons yang positif terhadap perkataannya. Dengan begitu dia akan aman dan kamu juga akan lupa pada pertanyaan yang sebelumnya hendak dilontarkan padanya.

Selain beberapa tanda di atas, kamu juga harus mendengarkan kata hatimu. Biasanya kamu pasti akan merasa yakin bila kekasihmu sedang berbohong. Jadi, kamu tidak perlu terlalu cemas untuk mendeteksi kebohongannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak