facebook

4 Tips Menjadi Bahagia Tanpa Bergantung pada Orang Lain, Wajib Kamu Coba!

Susanti ..
4 Tips Menjadi Bahagia Tanpa Bergantung pada Orang Lain, Wajib Kamu Coba!
Ilustrasi wanita bahagia (pexels.com/RF._.studio).

Definisi bahagia bagi tiap orang memang berbeda-beda. Semua itu, sebenarnya bersumber dari dalam diri sendiri.

Sayangnya, ada banyak yang keliru memandang kebahagiaan. Yakni, dengan menggantungkan kebahagiaan diri sendiri pada faktor luar, misalnya pada banyaknya harta, pasangan, dan faktor lainnya.

Sikap demikian, membuatmu sulit untuk bahagia dan rentan kecewa. Karena meletakkan kebahagiaan pada faktor eksternal. Maka dari itu, yuk, ikuti beberapa tips berikut ini, untuk mencapai kebahagiaan hakiki, tanpa mesti bergantung pada orang lain. Simak terus!

1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Bila kamu sudah sadar dan menyesali perbuatan itu, serta bertekad kuat untuk gak mengulanginya lagi, maka tak perlu terus-menerus menyalahkan diri sendiri.

Berbuat demikian, hanya akan merusak kebahagiaan diri. Kebahagiaanmu jadi terenggut oleh peristiwa lampau. Dan itu sama sekali pola pikir yang gak produktif, karena apa yang telah lalu, gak bisa kamu putar ulang.

2. Berani mengambil keputusan sendiri

Langkah selanjutnya untuk melepaskan ketergantunganmu pada orang lain, adalah keberanian untuk mengambil keputusan sendiri. Karena harus kamu akui, yang paling tahu apa yang pas dan tepat untukmu, bukan orang lain, melainkan dirimu sendiri.

Dengan berani mengambil keputusan sendiri, perihal berhasil atau gagal, sudah jadi konsekuensi yang akan kamu terima. Sekalipun keputusanmu keliru dan menuai kegagalan, setidaknya ada kepuasan batin karena sudah mandiri dalam mengambil keputusan.

3. Menerima kenyataan bahwa gak semua hal akan berjalan dengan sesuai yang kamu inginkan

Bila sudah menerima bahwa gak semua hal akan berjalan dengan ekspektasi, kamu gak akan terlalu terpuruk ketika apa yang kamu harapkan gak terjadi dengan semestinya. Termasuk ketika orang yang semestinya bisa membuatmu bahagia, ternyata menyakiti, kamu jadi bisa lebih lapang dada menerima kenyataan tersebut.

4. Menyaring lingkaran orang terdekat

Sering kali yang membuat kamu sulit bahagia, adalah lingkaran orang terdekatmu yang sangat beracun. Sering mengkritik, meremehkan impian atau ide-idemu, dan banyak hal buruk lain. Sudah saatnya kamu bersih-bersih dari mereka yang selama ini sudah terbukti berulang kali bikin kamu kecewa atau down.

Semoga dengan menerapkan langkah-langkah tadi, kamu dapat menemukan bahagiamu sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak