facebook

4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sensitif, Jangan Mengeluh!

Keza Felice
4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sensitif, Jangan Mengeluh!
Ilustrasi sepasang kekasih (Unsplash) / Jacob Mejicanos

Setiap orang mempunyai kepribadian dan sifat yang berbeda-beda, maka menemukan pasangan dengan sifat berbeda bukanlah hal aneh. Namun, sifat yang berlawanan dapat menjadi rintangan tersendiri karena tak jarang menyebabkan selisih paham. Seperti halnya sifat sensitif yang bisa membuatmu cukup kesulitan untuk menghadapi pasangan. 

Orang dengan karakter sensitif cenderung mudah merasa tak enak hati. Perasaan mereka pun gampang terluka, sehingga sangat rentan bila terjadi perselisihan atau pertengkaran. Akan tetapi, mereka dengan karakter sensitif biasanya senang berdiskusi tentang permasalahan kecil dalam kehidupan, dan seorang yang cerdas secara emosional. Bahkan, karena mempunyai empati yang cukup tinggi, banyak orang yang merasa nyaman berada di dekatnya. 

Lantas bagaimana jika pacarmu adalah orang yang sensitif? Kamu tidak perlu khawtir karena beberapa cara ini dapat diandalkan untuk menghadapinya.

1. Berhati-hati dengan setiap perkataan

Orang sensitif lebih mudah tersinggung dan terluka perasaannya, maka kamu harus berhati-hati dalam setiap perkataan yang dilontarkan pada pasangan. Jangan sampai dia  salah paham dengan candaan yang kamu buat. Sebab, bisa saja dia justru menganggapnya sebagai hal yang sangat serius. 

Bahkan, dia juga akan menganalisa setiap perkataanmu secara berlebihan. Meskipun sebenarnya perkataanmu tidak mempunyai maksud untuk menyinggung atau melukai hatinya, tapi dia bisa menjadi murung atau tidak nyaman berada di sisimu. Oleh karenanya, kamu memang  harus sangat berhati-hati saat berkomunikasi dengannya.

2. Meminta maaf

Apabila kamu menyadari bahwa sudah menyakiti perasaan pasangan, segeralah meminta maaf padanya dengan tulus. Meskipun kamu paham jika pasanganmu marah dengan alasan tak jelas, bahkan kamu juga tidak sengaja melakukannya, tetapi sebaiknya kamu tidak menyangkal dan mencari pembenaran. Tidak ada salahnya untuk mengalah dan bersikap rendah hati untuk menenangkan pasangan. 

Setelah dia merasa lebih baik daripada sebelumnya, barulah kamu dapat memulai obrolan dan membahas tentang kesalahpahaman dengan kepala dingin. Dengan begitu, kekasihmu akan lebih mudah memahami kesalahannya sendiri.

3. Kenali apa saja yang dia sukai

Saat kamu menjalin hubungan dengan orang yang sensitif, alangkah baiknya kamu bisa mengenali kepribadiannya dengan baik. Kamu bisa mencari tahu apa saja yang disukai dan tidak disukai olehnya. Langkah ini dapat membuatmu lebih mengenali kekasihmu dengan baik, seehingga kamu bisa lebih berhati-hati saat berbicara dan bersikap di hadapannya. Bahkan, kamu juga akan lebih mudah mengontrol diri agar tidak melakukan hal yang dapat melukai perasannya.

4. Jangan melakukan kesalahan yang sama

Apabila kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu telah mempengaruhi emosionalnya, maka sebaiknya kamu lebih berhati-hati agar tidak melakukannya lagi. Contohnya, saat pasanganmu merasa sakit hati setiap kali kamu meninggikan suara, maka lain kali kamu harus menjaga intonasi saat berbicara dengannya. Jangan sampai kehilangan kendali saat kalian terlibat kesalahpahaman, karena dia bisa merasa bahwa kamu membenci dan sedang memarahinya. 

Menjaga perasaan orang yang sensitif memang tidak mudah. Akan tetapi, jika pasaganmu termasuk orang yang memiliki sifat sensitif, kamu harus tetap berusaha maksimal untuk menjaga perasaannya. Dengan begitu, hubungan yang kalian miliki akan menjadi harmonis. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak