alexametrics

Jerawat di Punggung Bikin Risih? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Desyta Rina Marta Guritno
Jerawat di Punggung Bikin Risih? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi punggung (Pixabay).

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang hampir setiap orang pernah mengalami. Pada umumnya jerawat sering muncul di permukaan kulit wajah, tetapi bisa juga muncul di badan, termasuk area punggung. Munculnya jerawat di area punggung ini sering kali tidak disadari. Pasalnya, jerawat di punggung tidak terlihat.

Kendati begitu, jerawat ini pasti tetap terasa mengganggu. Lantas apa saja penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pakaian yang Kita Kenakan

Mengutip dari laman Hellosehat, salah satu penyebab munculnya jerawat di area punggung ialah iritasi yang disebabkan oleh gesekan suatu benda pada kulit kita. Atau bisa juga dari pakaian yang kita kenakan. Pakaian yang terlalu ketat membuat kulit sulit bernapas dan berkeringat, keringat bercampur minyak  memicu terciptanya lapisan kulit yang dapat menyumbat pori-pori serta menimbulkan jerawat.

2. Produk Pembersih Badan yang Tidak Cocok

Mengutip dari laman GoodDoctor, penggunaan produk pembersih badan yang tidak cocok dapat memicu iritasi pada kulit. Dari adanya iritasi tersebut, juga dapat memunculkan jerawat. Oleh karenanya, pilihlah produk pembersih badan yang sesuai dengan kulitmu.

3.Makanan

Selain faktor dari luar, munculnya jerawat pada punggung juga dapat disebabkan faktor dari dalam seperti makanan yang kita konsumsi. Mengutip dari laman GoodDoctor, makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dapat memicu munculnya jerawat. Hal tersebut merupakan reaksi dari tubuh saat kadar gula naik. Makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah diantaranya, nasi, roti putih, dan kentang.

4. Stres

Tidak hanya jerawat pada wajah, stres yang kita alami juga dapat memicu munculnya jerawat pada area punggung.

Itulah penyebab munculnya jerawat di area punggung. Untuk menghindarinya, kita bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti selalu menjaga kebersihan badan dengan cara mandi setidaknya 2 kali sehari, menggunakan pakaian yang bersih dan menyerap keringat, mengonsumsi makanan yang sehat,  dan minum banyak air putih. Hindari terlalu sering memegang area tersebut agar tidak memicu jerawat yang lebih banyak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak