facebook

5 Cara Sederhana Menambah Tabungan, Sayang Kalau Tak Dicoba!

Susanti ..
5 Cara Sederhana Menambah Tabungan, Sayang Kalau Tak Dicoba!
Ilustrasi menabung (pixabay.com) / quincecreative

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapat dari kebiasaan menabung. Salah satunya, kamu jadi memiliki dana darurat sehingga kalau ada hal tak terduga, kamu tidak harus berhutang. Hidup jadi tenang!

Nah, meski hampir semua orang sudah memahami manfaat tabungan, nyatanya masih banyak yang kesulitan untuk melakukannya. Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan jumlah tabunganmu, lho. Penasaran? Yuk, kita simak ulasannya!

1. Membuat anggaran keuangan

Langkah pertama agar kamu punya tabungan adalah membuat anggaran keuangan. Hal ini penting, supaya pengelolaan keuanganmu baik.

Dengan mencatat jumlah pengeluaran selama ini, kamu jadi tahu pos-pos pengeluaran rutin, serta hal-hal mana saja yang bisa dihemat atau tak perlu. Kalau sudah menerapkannya, maka bisa dirancang pos pengeluaran yang masuk akal untuk satu bulan ke depan. Keuanganmu jadi terkendali!

2. Menabung di awal gajian

Menyisikan beberapa persen gaji untuk ditabung, menjadi salah satu pos anggaran yang mesti kamu buat ketika menyusun anggaran keuangan. Setelah gajian, usahakan kamu langsung transfer uang tersebut. Di sinilah pentingnya kamu membuat rekening khusus untuk menabung. Jangan digabung dengan rekening pemasukan dan pengeluaran sehari-hari.

3. Bayar tagihan sesuai jadwal

Apabila sebelumnya kamu sudah membuat anggaran, maka kamu jadi tahu tagihan apa saja yang mesti dibayarkan dan bayarlah tepat waktu. Tidak apa-apa kalau dilakukan sebelum jatuh temponya. Itu lebih baik, daripada harus telat dan bayar denda. Ini untuk mencegah pengeluaran tak perlu. Misalnya bayar denda karena lupa bayar tagihan.

4. Beli yang mahal, tapi awet

Salah satu tips untuk berhemat adalah lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas saat membeli sesuatu. Lebih baik bayar sedikit lebih mahal, tapi barang yang kamu pakai jauh lebih awet, daripada sebaliknya.

5. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

Kalau selalu menuruti keinginan, kamu akan kesulitan bahkan tidak pernah bisa menabung. Sebab sudah kodratnya manusia, selalu ingin ini itu. Sulit terpuaskan!

Oleh karena itu, kamu perlu disiplin menerapkan apa yang sudah dianggarkan. Sekalipun ada diskon besar tapi kalau tak ada dalam anggaran, itu berarti memang kamu tidak membutuhkannya, melainkan cuma ingin belanja saja.

Coba lakukan langkah sederhana tadi, supaya tabunganmu meningkat dan kondisi finansialmu aman!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak