alexametrics

Sering Minder? yuk, Belajar Mengatasinya dengan Lakukan 4 Tips Ini!

Susanti ..
Sering Minder? yuk, Belajar Mengatasinya dengan Lakukan 4 Tips Ini!
Ilustrasi pria murung (pexels.com) / Graham Wizardo

Di antara masalah yang sering kali jadi penghambat dalam proses pengembangan diri, minder menjadi salah satunya. Minder atau rendahnya kepercayaan diri bisa dialami seseorang karena banyak hal. Misalnya, akibat sering menerima kritikan yang tak sehat, diejek karena penampilan fisik, dan banyak alasan lain.

Hal-hal tadi dapat membuat kamu minder setelah beranjak dewasa. Tentunya kamu gak mau, kan, merasa minder terus-terusan? Nah untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti. Apa saja? Simak pembahasannya lebih lanjut, ya!

1. Hindari keinginan untuk selalu sempurna

Minder itu merupakan persoalan pola pikir. Oleh karena itu, untuk mengatasinya pola pikirmu harus diluruskan. Salah satunya, dengan menghilangkan keinginan untuk selalu sempurna.

Keinginan untuk senantiasa sempurna membuat kamu rentan minder ketika ada sedikit kekurangan. Misalnya, kamu terlahir dengan hidung yang tidak begitu mancung. Meski semua orang memandangmu cantik, tapi kamu sendiri justru tidak puas. Akhirnya, karena bosan selalu minder, kamu jadi memutuskan operasi.

Hidup dengan mengejar kesempurnaan membuatmu gampang stres dan depresi. Sebab sudah kodratnya manusia tak bisa sempurna, pasti ada cela atau kurang. Bila kamu ikhlas menerimanya, maka hidup akan terasa lebih lapang, sehingga tak merasa perlu untuk rendah diri.

2. Perhatikan penampilan

Masalah fisik, kerap jadi biang keladi perasaan rendah diri. Untuk mengatasinya, sebenarnya kamu gak perlu, kok, sampai merubah tubuhmu. Cukup dengan memperhatikan penampilanmu saja. Misalnya, menjaga kebersihan diri, memilih pakaian yang dapat membuatmu nyaman, dan sesuai dengan sikon. Itu saja udah cukup, kok!

3. Perbanyak syukur

Dengan bersyukur, kamu akan merasa cukup. Tanpa rasa syukur, kamu akan selalu merasa ada yang kurang meski sebenarnya kamu sudah cantik dengan apa pun yang ada pada dirimu bahkan di mata orang lain. 

4. Memfokuskan diri pada tindakan memperbaiki kekurangan

Bila kamu sadar punya kekurangan dan itu bikin kamu minder, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah cari cara untuk memperbaiki kekurangan itu. Dengan hal itu, setidaknya dapat mengurangi kekurangan tersebut sehingga kamu gak minder lagi.

Misalnya, kamu merasa minder public speaking karena sering gugup, maka yang dapat kamu lakukan mempersiapkan materi dengan baik sampai kamu siap. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikannya dengan luwes. Selain itu, beri waktu latihan yang memadai, supaya kamu lancar public speaking.

Semoga hal-hal tadi dapat membantumu mengatasi rasa minder, agar makin percaya diri!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak