alexametrics

Mood Sering Berubah-ubah? Atasi dengan 4 Tips Ampuh Ini!

Keza Felice
Mood Sering Berubah-ubah? Atasi dengan 4 Tips Ampuh Ini!
Ilustrasi Wanita Sedih (Unsplash) / Aleksandra Sapozhnikova.

Apabila mood sedang tidak baik, pekerjaan pasti akan menjadi berantakan. Berbeda halnya saat kondisi mood sedang baik, setiap hal yang kamu lakukan hasilnya akan maksimal dan kamu pun merasa senang melakukannya.

Sebenarnya, mood yang berubah-ubah itu merupakan hal yang wajar dialami oleh seseorang. Akan tetapi, bila kamu terlalu sering mengalami perubahan mood, itu tandanya kamu orang yang moody. Meski terdengar sepele, tetapi sikap seperti ini dapat mengganggu hubunganmu dengan orang lain lho. 

Agar semuanya baik-baik seperti biasanya, coba atasi bad mood kamu dengan beberapa cara berikut ini.

1. Mengetahui Penyebab Mood Berubah

Meskipun kamu sangat malas dan rasanya ingin sekali marah tanpa alasan, cobalah untuk tenang sejenak dan bertanya pada diri sendiri. Misalnya, mencari tahu penyebab yang membuat mood kamu bisa berubah dengan cepat. Kemudian, kamu harus mencari tahu dampak seperti apa yang akan kamu rasakan dengan sifat moody itu. 

Hanya pada saat tenang itulah kamu bisa berpikir jernih dan melakukan refleksi terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, tanyakan pada dirimu, apa yang perlu dilakukan untuk menjaga mood agar tetap baik. Dengan begitu, kamu tidak akan sering mengalami perubahan mood setiap harinya.

2. Sayangi Diri Sendiri

Untuk mengatasi mood yang sering kali berubah, cobalah untuk lebih memperhatikan kesehatan fisikmu. Misalnya, dengan menggunakan jam istirahat secara baik dan mengatur pola makan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pikiranmu saat bekerja. Sebab, biasanya sifat moody dapat disebabkan oleh konsisi tubuh yang kurang baik.

Pada umumnya, seseorang akan merasa bad mood karena ada faktor penyebab yang sangat mengganggu. Misalnya, kurang istirahat, tidak mengonsumsi makanan favorit dalam waktu yang cukup lama, terlalu banyak tekanan dari tempat kerja, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kamu harus menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh, maka pikiranmu pun akan terawat dan jauh dari perasaan bad mood.

3. Menerima Perubahan Mood yang Dirasakan

Kamu harus bisa berdamai dengan keadaan, di mana kamu perlu menerima bahwa pada dasarnya mood memang dapat berubah-ubah. Hampir setiap orang pernah mengalami perubahan mood dalam kesehariannya. Jadi, apa pun yang kamu rasakan dan alami, terimalah semuanya tak peduli apakah hal tersebut menyedihkan atau membahagiakan.

Suasana hati yang berubah karena suatu faktor adalah hal yang sangat wajar. Oleh sebab itu, kamu harus menerimanya dan fokus saja untuk mencari tahu apa penyebab dan juga jalan keluarnya.

4. Bergaul dengan Lingkungan yang Positif

Kamu juga harus memperhatikan bagaimana kehidupan sosialmu saat ini. Apabila kamu berteman dengan orang-orang toxic, bisa jadi hal tersebutlah yang membuatmu sering kali merasa moody. Misalnya, temanmu adalah orang yang suka mengontrol, sering mengomel, pesimis, dan suka meremehkan kerja keras dan semangatmu. 

Orang-orang seperti itu tanpa kamu sadari akan lebih mudah membuat suasana hatimu berubah dengan seketika. Berbeda halnya jika kamu berteman dalam lingkungan yang ‘ditinggali’ oleh orang-orang dengan karakter lebih positif. Kamu akan merasa telah diterima, lebih dihargai, dan selalu mendapatkan dorongan positif setiap kali hampir merasa frutrasi dengan keadaan. Dengan begitu, suasana hatimu pasti akan tetap terjaga.

Itulah tips ampuh yang dapat kamu gunakan untuk menyikapi perubahan mood yang buruk. Jika kamu mengatasi perasaan bad mood dengan hal yang positif, tentu semuanya akan menjadi baik dan berdampak positif.   

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak