facebook

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Kos, Dijamin Bakal Aman Sampai Akhir Bulan!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Kos, Dijamin Bakal Aman Sampai Akhir Bulan!
Ilustrasi menabung (pixabay.com) / quincecreative

Salah satu masalah anak kos adalah keuangan yang menipis di akhir bulan. Hal ini disebabkan, saat awal bulan, uang tersebut tidak diatur sebaik mungkin, sehingga membuat keuangan di tanggal tua terasa seret.

Sebagai anak rantau yang hidup sendiri dan mengatur apa-apa sendirian, anak kos harus pintar-pintar mengatur keuangan agar cukup atau bahkan lebih, sehingga dapat dijadikan tabungan.

Untuk mengatur keuangan selama di kos, ada beberapa kebutuhan yang harus kita perhatikan dan disiapkan dananya di awal bulan. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Sisihkan Uang untuk Ditabung dan Disedekahkan

Untuk menabung dan sedekah, sebaiknya kita sisihkan uang lebih awal. Sebab, dua hal ini adalah hal penting yang kerap kali disepelekan. Jika tidak menyisihkan lebih awal, maka kemungkinan besar uang itu akan habis untuk kebutuhan lain tanpa sempat menabung dan bersedekah.

2. Sisihkan Uang untuk Kebutuhan Mendadak

Kebutuhan yang datang tanpa kita ketahui sebelumnya seringkali terjadi. Untuk menyiasati agar kita siap dalam kondisi tersebut, maka setiap bulan usahakan untuk menyisihkan dana darurat. Jika dana tersebut tidak terpakai, maka bisa dialokasikan untuk dana tabungan atau kebutuhan lain yang masih kurang.

3. Sisihkan Uang untuk Makan

Kebutuhan penting selanjutnya adalah makan. Sisihkan dana untuk biaya makan sehari-hari sampai akhir bulan. Tentukan besarannya perhari, usahakan cukup sampai akhir bulan ya.

4. Sisihkan Uang untuk Tugas

Tugas adalah salah satu kebutuhan penting yang harus diperhatikan. Sebab, terkadang secara tidak sadar tugas ini memakan dana yang lumayan banyak. Malah seringkali memakai dana untuk kebutuhan lain. Oleh karena itu, lebih baik jika kita menyisihkan dana sendiri untuk tugas.

5. Dana Transport dan Jajan

Transport dan jajan sehari-hari adalah kebutuhan yang dananya bisa menyesuaikan. Namun, bukan berarti  diabaikan juga. Sebab, bagaimanapun anak kos pasti butuh biaya transport dan jajan untuk self reward.

Itulah 5 kebutuhan yang perlu diperhatikan agar keuagan anak kos tidak seret di akhir bulan. Besarannya silakan tentukan sendiri-sendiri sesuaikan dengan dana yang kalian terima ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak