facebook

5 Cara Jitu Dapatkan Barang Berkualitas Saat Belanja di Toko Online

🌸🌸Tyas 🌸🌸
5 Cara Jitu Dapatkan Barang Berkualitas Saat Belanja di Toko Online
Ilustrasi belanja online (unsplash) / rupixen

Belanja berbagai barang yang dibutuhkan tidak harus melulu dengan cara datang ke toko langsung. Kita bisa melakukannya lewat toko online yang sudah mulai banyak dan mudah ditemukan. Sayangnya, kita juga harus tetap jeli saat memutuskan untuk berbelanja di toko online. Sebab gak jarang pembeli merasa kecewa karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan.

Berikut ini beberapa cara jitu untuk mendapatkan barang yang berkualitas saat belanja di toko online.

1. Pastikan memilih toko online terpercaya

 unsplash.com/Clark Street Mercantile
 unsplash.com/Clark Street Mercantile

Hal pertama dan paling wajib kita lakukan adalah memilih toko online yang tepat. Saking banyaknya toko online, seringkali justru membuat kita jadi bingung sendiri. Bukan hanya itu, gak jarang juga kita akan menemukan toko online yang kurang bisa dipercaya.

Salah satu langkah yang cepat adalah meminta rekomendasi dari teman yang memang biasa berbelanja  online, dan tahu mana saja toko online terpercaya. Jika tidak ada, sebaiknya memilih belanja di market place. Di sana kita bisa menemukan toko resmi sebagai salah satu jaminan toko online tersebut bukan tipu-tipu.

2. Perhatikan deskripsi produk dengan teliti

unsplash.com/Blake Wisz
unsplash.com/Blake Wisz

Jika sudah menemukan toko yang dianggap tepat, gak ada salahnya juga untuk tetap memperhatikan deskripsi produk yang ditawarkan. Perhatikan setiap detailnya, mulai dari bahan, ukuran, sampai sistem yang diberlakukan, apakah ready stock atau pre order.

Lebih baik teliti sebelum membeli daripada langsung checkout dan kecewa saat sudah menerima barang. Gak selalu kekecewaan yang dialami terjadi karena kesalahan dari tokonya. Bisa juga karena kita saja yang tidak mau direpotkan membaca deskripsi produk dengan teliti dan hanya melihat fotonya.

3. Gak ada salahnya minta real picture pada penjual

unsplash.com/Elijah O'Donnell
unsplash.com/Elijah O'Donnell

Bagi yang terbiasa belanja online pasti sudah paham kalau tidak semua gambar produk itu real. Oleh karena itu, ada baiknya untuk meminta gambar asli pada penjual lebih dulu. Toko yang terpercaya pasti gak akan ragu untuk memberikannya sebagai bukti ketersediaan barang, termasuk kesesuaian dengan gambar yang dipakai sebagai display.

Meminta real pict juga menjadi cara untuk melihat produk secara lebih jelas. Dengan begitu, keraguan tentang kualitas dan keaslian barang akan lebih terminimalisir hingga kita bisa memutuskan untuk membeli produk tersebut.

4. Cek testimoni dari pembeli lain

 unsplash.com/You X Ventures
 unsplash.com/You X Ventures

Cara cepat untuk menilai produk yang ditawarkan adalah dengan melihat testimoni pembeli lain, baik kepastian tentang warna, ukuran, maupun keorisinilan barang. Bahkan, informasi tentang pelayanan toko pun bisa kita dapatkan juga, lho.

Misalnya saja proses pengiriman dan pengemasan yang lama, atau terkait konfirmasi perubahan barang saat mengalami stok habis. Semua dapat kita ketahui lewat testimoni. Jadi, jangan malas melihat testimoni sebelum membeli barang online, ya.

5. Jangan mudah tergiur penawaran promo

unsplash.com/Allie Smith
unsplash.com/Allie Smith

Promo yang ditawarkan di toko online memang sering menjadi daya tarik yang luar biasa untuk calon pembeli. Namun, jangan sampai kita dibutakan oleh promo-promo tadi hingga mengabaikan penilaian terhadap barang itu sendiri. Penting sekali untuk diingat agar jangan cepat tergiur dengan promo yang ditawarkan.

Gak jarang promo ini dilakukan sebagai salah satu bentuk cuci gudang demi menghabiskan stok. Namanya saja cuci gudang, seringnya stok yang ada sudah tidak lengkap lagi atau malah ada kerusakan walau sedikit. Oleh karena itu, kita tetap perlu memastikan barang yang ada tadi sesuai keinginan kita atau tidak.

Nah, itu tadi beberapa cara jitu yang bisa kita lakukan saat ingin mendapatkan barang online dengan kualitas baik. Happy online shopping, guys!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak