facebook

4 Dampak Jika Kamu Tak Punya Rasa Syukur dalam Hidup

Bagus Pra
4 Dampak Jika Kamu Tak Punya Rasa Syukur dalam Hidup
Ilustrasi marah (pexels.com) / Engin Akyurt

Setiap orang tentu mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, entah terlahir pada keluarga yang berkecukupan atau kondisi keluarga menengah. Meskipun kita tidak dapat memilih di mana kita ingin dilahirkan, tapi kita berhak untuk memperoleh kesuksesan dalam hidup ini.

Meskipun telah memperoleh pencapaian hidup, semua tidak ada artinya jika tidak punya rasa syukur atas nikmat yang telah diterima. Oleh karena itu, ini 4 dampak yang akan dirasakan jika kamu tak punya rasa syukur.

1. Selalu menganggap keberhasilan hanya sebatas nominal uang

Ketika seseorang tidak memiliki rasa syukur, mereka cenderung akan menganggap bahwa uang merupakan segala-galanya. Bagi mereka, hal apa pun membutuhkan uang. Alhasil, keberhasilan dalam hidup hanya dilihat dari seberapa banyak kemampuan kita untuk bisa memperoleh uang.

Namun, ketika melihat orang lain memiliki kekayaan yang lebih banyak darinya, justru menganggap diri sendiri adalah orang yang gagal. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Memang, uang dapat membuat kebahagiaan, tapi itu semua hanya sebagai alat kesenangan saja. Oleh karena itu, kita tidak boleh menganggap uang dijadikan standar keberhasilan dalam kehidupan.

2. Menimbulkan sikap serakah

Jika kamu tidak memiliki rasa bersyukur dalam hidup, kamu akan memiliki keinginan tinggi untuk melegalkan segala cara demi memperoleh kebutuhan diri sendiri. Apa pun caranya, yang terpenting keinginanmu harus segera terpenuhi.

Sehingga, kamu pun menjadi orang yang serakah untuk mengambil apa pun hanya demi keuntungan diri sendiri. Tidak mempedulikan nasib orang lain, bahkan kamu tidak segan-segan menjatuhkannya hanya untuk memenuhi kepentinganmu.

3. Tidak mampu untuk berbagi dengan sesama

Ketika seseorang tidak dapat bersyukur, pasti akan merasa tidak cukup atas yang dia miliki atau menuntut mendapatkan lebih dan lebih lagi. Namun, berbeda dengan orang yang merasa cukup, mampu, dan ikhlas membagikan apa yang dia miliki untuk orang lain.

Jangan heran kamu akan selalu menimbun semua hal, tanpa mempedulikan orang-orang di sekitarmu yang sedang membutuhkan bantuan. Sebaiknya, bersikaplah untuk selalu mudah berbagi ketika seseorang memang betul-betul membutuhkan pertolongan, ya.

4. Sulit mensyukuri karunia

Salah satu penyebab seseorang sulit mengucap syukur, karena di pikirannya hanya melihat dari isi karunia yang datang kepadanya. Namun, bukan makna dari rezeki yang diperolehnya.

Apa pun yang dimiliki olehmu saat ini adalah karunia dari Tuhan yang luar biasa. Oleh karena itu, kamu perlu mensyukuri atas nikmat yang kamu terima selama ini, ya.

Bisa bersyukur dengan hal apa pun yang dimiliki adalah hal yang penting dilakukan dalam hidup. Sehingga, menjalani hidup pun akan lebih nikmat dan damai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak