alexametrics

Gudeg sampai Warteg, 5 Kuliner Daerah yang Sudah Tersebar ke Seluruh Indonesia

🌸🌸Tyas 🌸🌸
Gudeg sampai Warteg, 5 Kuliner Daerah yang Sudah Tersebar ke Seluruh Indonesia
Rendang sapi Millennium Hotel Sirih Jakarta. (Suara.com/Silfa Humairah)

Sudah jadi rahasia umum kalau tiap daerah di Indonesia punya makanan khasnya masing-masing. Kelezatan dan keunikan rasanya bahkan mampu tersohor, bukan hanya di daerah asal, tapi juga ke berbagai wilaah lain di Indonesia. Beberapa malah sudah sangat lekat dengan lidah kita dan bisa dapatkan dengan mudah di manapun.

Berikut ini kuliner daerah yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

1. Masakan Padang

Rendang Daging [Dokumen akun FB @dhiny_gallery]
Rendang Daging [Dokumen akun FB @dhiny_gallery]

Orang Padang memang terkenal gigih dalam berwirausaha, terutama di bidang kuliner. Masakan Padang bahkan sudah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari warung makan kecil sampai resto ternama.

Bukan hanya kegigihan, cita rasa masakan khas Padang pun memang luar biasa menggugah selera dan sudah diakui oleh dunia. Sebut saja rendang. Kini menu makanan yang satu ini sudah menjadi deretan teratas makanan terenak dunia, lho.

2. Warung Tegal

Warung Tegal di bulan puasa [suara.com/Erick Tanjung]
Warung Tegal di bulan puasa [suara.com/Erick Tanjung]

Satu lagi pejuang tangguh di bidang kuliner, Tegal. Meski terkesan biasa karena menyajikan menu masakan rumahan, ternyata Warung Tegal alias warteg, mampu mengekspansi ke berbagai wilayah dan mendirikan deretan warung makan di banyak kota.

Selera yang merakyat bisa jadi merupakan salah satu alasan usaha ini mampu bertahan di tengah kejamnya bisnis kuliner. Tidak hanya itu, sekarang malah ada warteg dengan sistem franchise. Melek teknologi banget, ya.

3. Gudeg Yogya

Gudeg Pawon (Instagram jogjabikinlaper)
Gudeg Pawon (Instagram jogjabikinlaper)

Kuliner apa yang terpikir saat datang ke Yogyakarta? Sudah pasti gudeg. Yogyakarta memang selalu identik dengan makanan yang satu ini. Rasa manis yang ditawarkan mampu memikat hati dan lidah banyak orang untuk selalu kembali menikmati kelezatan gudeg.

Terlebih dengan lauk lengkap seperti telur, ayam kampung, dan sambel goreng krecek. Sudah bisa dipastikan, cita rasanya tidak akan mudah terlupakan. Gudeg pun tidak hanya ada di Yogyakarta. Kini di kota manapun kita tinggal, dapat dengan mudah menemukan gudeg.

4. Batagor Bandung

Batagor Hanjuang khas Bandung. (Instagram/@alliejournal)
Batagor Hanjuang khas Bandung. (Instagram/@alliejournal)

Bakso tahu goreng, atau sering dikenal dengan sebutan batagor. Makanan khas dari tanah Sunda inipun tidak kalah eksis di berbagai wilayah. Kini menemukan batagor pun semudah menemukan makanan khas daerah sendiri.

Tak hanya ada di pusat jajanan kuliner, pedagang kaki lima pun tak mau kalah menjajakan batagor. Biasanya penjual batagor juga akan menjual siomay. Itu seperti paket hemat yang akan kita dapatkan ketika mendatangi penjual batagor.

5. Pempek Palembang

Pempek kapal selam [Facebook]
Pempek kapal selam [Facebook]

Olahan ikan tengiri yang khas benar-benar menciptakan rasa makanan asli Pelembang ini menjadi menu yang tak terlupakan. Berbagai jenis pempek yang ditawarkan, tidak ada yang tidak enak.

Mulai dari pempek lenjer, adaan, kapal selam, sampai pada pempek kulit pun juga tetap diminati. Tak harus datang ke Palembang, sebagian besar kota di Indonesia kini juga sudah menjual berbagai varian pempek, kok.

Nah, itu tadi kuliner daerah yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Semua dijamin bakal menggoyang lidah kita dan bikin ketagihan. Lalu, yang mana nih makanan favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak