facebook

4 Tips Bangkit dari Kegagalan, Kamu Pasti Bisa Melewatinya!

Susanti ..
4 Tips Bangkit dari Kegagalan, Kamu Pasti Bisa Melewatinya!
Ilustrasi wanita sedih (pexels.com) / Rafael Barros

Tak ada satu pun orang yang tak pernah mengalami kegagalan. Siapa pun itu, pasti pernah merasakan ditolak, hasil tak seusai harapan, atau berbagai jenis kegagalan lainnya.

Memang, kegagalan itu tidak pernah mengenakkan, tapi jangan sampai kegagalan itu menghentikan langkahmu untuk meraih apa yang kamu cita-citakan.

Berikut akan diuraikan beberapa tips untuk bangkit dari kegagalan. Simak terus!

1. Sadari, kegagalan saat ini hanya bersifat sementara

Hakikatnya, kegagalan itu adalah ujian untuk menguji apakah kamu memang sungguh-sungguh ingin mencapai impianmu selama ini atau tidak. Oleh karena itu, selama kamu terus berusaha, gagalmu itu hanya bersifat sementara. Kegagalan permanen adalah mereka yang berhenti mencoba.

2. Petik hikmah dari kegagalan tersebut

Supaya kamu bisa segera bangkit dan tak berlama-lama dalam kubang kesedihan karena gagal, cobalah petik hikmah dari kegagalan yang baru kamu alami. Hal-hal apa saja yang harus kamu perbaiki.

Misalnya saja, kamu bisa gagal karena ceroboh atau lupa. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran mahal supaya di kemudian hari bisa lebih teliti lagi. Contoh lainnya, dengan membuat checklist hal-hal apa saja yang harus dilakukan sehingga tak ada yang terlewat.

3. Bangga dengan kegagalan yang kamu alami

Kegagalan memang menyakitkan, tapi semestinya kamu bisa berbangga saat mengalami kegagalan. Sebab, rasa pahit dari kegagalan yang kamu alami itu merupakan bukti kalau tidak diam. Kamu berani untuk mencoba, meskipun saat ini hasilnya belum sesuai dengan yang kamu harapkan.

Bila cara pandangmu sudah benar dalam melihat kegagalan, yakni bukan lagi dipandang sebagai suatu yang buruk, melainkan membuatmu mengapresiasi diri, maka kamu bisa merespons kegagalan dengan lebih bijak.

4. Ingat tujuan

Setiap orang pasti pernah gagal. Namun mereka yang berhasil, alih-alih fokus pada kegagalan, melainkan memusatkan perhatiannya pada tujuan.

Ingat-ingat lagi, kenapa kamu melakukan apa yang sedang kamu jalani. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih bersabar dalam menyikapi kegagalan saat ini dan tidak mudah menyerah.

Semoga tips tadi bisa bermanfaat untuk membuatmu segera bangkit dari kegagalan. Kamu pasti bisa melewatinya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak