facebook

Gak Perlu Malu, Ini 5 Alasan Kenapa Wajib Bangga Pakai Batik Setiap Hari

🌸🌸Lily 🌸🌸
Gak Perlu Malu, Ini 5 Alasan Kenapa Wajib Bangga Pakai Batik Setiap Hari
Ilustrasi memakai batik (unsplash.com) / BBH Singapore

Batik saat ini sudah menjadi trend fashion yang bukan hanya di tingkat nasional, tapi juga sudah merambah selera internasional. Sebagai salah satu bentuk warisan budaya bangsa, batik memang memiliki filosofi makna yang dalam. Mulai dari motif sampai proses pembuatannya, semua itu mampu membuat batik layak mendapat pengakuan dunia.

Jika dulu batik identik dengan selera orang tua, kini tidak lagi. Anak muda, bahkan mereka yang akrab dengan sebutan gen Z pun mulai gandrung pada batik. Tidak hanya dipakai dalam mimen tertentu, ternyata fesyen batik juga cocok dipakai sehari-hari, lho.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kita gak boleh malu memakai batik setiap hari.

1. Memakai batik berarti kita ikut melestarikan budaya bangsa

ilustrasi kain batik (unsplash.com/Trang Nguyen)
ilustrasi kain batik (unsplash.com/Trang Nguyen)

Pengakuan dunia pada batik sebagai warisan budaya Indonesia tentu saja sudah membuat kita bangga. Namun, rasa bangga itu jangan sampai berhenti di euforia saja. Kita pun harus ikut andil dalam menjaga kelestarian batik, lho.

Salah satu caranya adalah dengan sering memakai pakaian bermotif batik. Kalau orang asing saja begitu menyukai batik, maka kita pun tidak boleh kalah. Tidak hanya pada saat acara-acara formal, banggalah juga jika kita bisa membuat batik selalu dekat dengan fashion sehari-hari.

2. Bisa jadi duta batik kapan pun dan di mana pun

ilustrasi memakai batik (unsplash.com/BBH Singapore)
ilustrasi memakai batik (unsplash.com/BBH Singapore)

Menjadi duta tidak harus ditunjuk dulu oleh negara atau pihak-pihak terkait. Terlebih tentang batik, kita seharusnya memiliki kesadaran diri untuk sukarela menjadi duta batik kapan pun dan di mana pun.

Kalau sedang ada di negara sendiri, tentu memakai batik adalah hal yang lumrah. Berbeda cerita jika kita ada di luar negri, tetap bangga memakai batik tentu akan menjadi ajang promo untuk budaya Indonesia. Keren, bukan?

3. Batik kian fashionable

ilustrasi baju batik (unsplash.com/Artem Beliaikin)
ilustrasi baju batik (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Trend fashion memang sudah banyak dipengaruhi oleh akulturasi berbagai budaya. Bahkan batik pun saat ini sudah mampu menjadi salah satu fashion yang cukup banyak digemari.

Meski sempat disebut kuno, kini batik menjelma menjadi salah satu trend fashion nasional dan dunia. Tampil di ruang publik dengan memakai batik tidak lagi dianggap kampungan, tapi justru makin kece dan fashionable. Duh, makin bangga deh sama batik!

4. Menunjukkan jati diri

ilustrasi pakai batik ( unsplash.com/Haidan Soendawy)
ilustrasi pakai batik ( unsplash.com/Haidan Soendawy)

Sebagai generasi muda Indonesia, kita tidak boleh lupa pada jati diri. Selain nilai-nilai ketimuran yang wajib dijaga, memperlihatkan asal usul diri juga bisa lewat budaya. Salah satunya adalah dengan memakai dan memperkenalkan batik.

Ketika dunia sudah mengakui batik sebagai warisan budaya Indonesia, dengan memakainya otomatis kita menyatakan jati diri dan ciri khas bangsa kita. Di samping itu, secara tidak langsung kebanggan memakai batik pun akan mampu menumbuhkan nasionalisme dalam diri.

5. Mendorong pergerakan roda ekonomi masyarakat lokal

ilustrasi pedagang lokal (unsplash.com/Adli Wahid)
ilustrasi pedagang lokal (unsplash.com/Adli Wahid)

Batik asli biasanya dibuat secara manual oleh para pengrajin batik dan membutuhkan proses yang cukup panjang. Keistimewaan semacam inilah yang membuat batik memiliki kekhasan berbeda di beberapa daerah di nusantara.

Dengan menggunakan batik lokal, kita pun turut andil dalam membantu perekonomian daerah. Mendukung produk lokal, dalam hal ini batik, pada akhirnya juga akan ikut membangun perekonomian nasional. Jadi, jangan bangga dulu kalau belum pakai batik asli Indonesia, ya.

Nah, itu tadi beberapa alasan yang membuat kita harus bangga memakai batik setiap hari. Kalau kamu, sudah mulai pakai batik setiap hari belum nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak