alexametrics

3 Tips Menghadapi Pacar Matre yang Bikin Kesal, Berani Mencoba?

Keza Felice
3 Tips Menghadapi Pacar Matre yang Bikin Kesal, Berani Mencoba?
ilustrasi pasangan (Unsplash)

Mempunyai pacar matre alias materialistis memang menjadi momok yang cukup menakutkan. Akan tetapi, bila sudah terlanjur cinta, mungkin kamu jadi tak masalah untuk selalu memaklumi dan menerima sifat buruknya itu. 

Pada umumnya, orang yang mempunyai sifat materialistis akan memperhatikan setiap hal yang dimiliki pasangann. Dia juga tidak merasa malu untuk meminta apapun pada kekasihnya. Bahkan, dia juga tidak peduli bahwa semua yang dilakukannya itu merugikan pasangan. Karena itulah, kamu tidak bisa membiarkan dia mengambil keuntungan darimu terus-menerus. Lakukan beberapa tips berikut ini untuk menghadapi pasangan yang materialistis!

1. Kencan ke Tempat yang Ekonomis

Apabila mempunyai kekasih yang matre, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mengajaknya kencan ke tempat-tempat eksklusif atau mewah. Misalnya dinner di kafe dan menyewa ruangan khusus, atau memberikan hadiah berupa barang-barang branded. Melalui hubungan asmara dengan hal semacam ini tentu tidak ramah di kantong. Selain itu, tindakanmu juga berpotensi menyebabkan pacar menjadi terbiasa dan ketagihan. 

Oleh sebab itulah, kamu perlu mencoba mengajak dia menjalani hubungan asmara dengan cara yang lebih sederhana. Misalnya makan di warung pinggir jalan, kencan di taman, atau mengunjungi perpustakaan. Kamu dapat menunjukkan kepadanya bahwa menjalani hubungan asmara tidak harus dengan hal yang berlebihan. Kalian juga tidak perlu menilai segala sesuatu dengan uang. Buatlah dia mengerti bahwa hanya dengan berbagai hal sederhana tersebut, kalian sudah bisa menciptakan momen romantis.

2.  Mengajari Dia untuk Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Biasanya pacar yang materialistis akan memintamu memberikan apapun yang dia inginkan. Jika sudah begini, kamu harus bisa menyikapinya dengan bijak. Cobalah untuk meminta dia membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Utarakan padanya bahwa saat itu, kamu hanya bisa memenuhi apa yang sedang dia butuhkan saja. 

Sedangkan berbagai hal lainnya yang dia inginkan, termasuk yang bersangkutan dengan gaya hidup dan trend, itu menjadi tanggung jawabnya sendiri. Sebab, kalian belum mempunyai ikatan yang sah, maka kamu juga tidak mempunyai kewajiban untuk mencukupi semua keinginannya.

3. Mendiskusikan Tentang Ide Membayar

Apabila kamu sudah tahu bahwa pacar merupakan seseorang yang materialistis, maka cobalah untuk berdiskusi dengannya secara baik-baik mengenai kesepakatan membayar. Apakah kalian akan membayar biaya makan dan belanja masing-masing, atau justru bergantian saat kalian berkencan pada waktu yang akan datang.

Kamu dapat menjelaskan padanya tentang status hubungan kalian yang saat ini memang baru dalam tahap pacaran. Katakan dengan jujur bahwa kamu juga mempunyai tanggungan hidup yang harus dipenuhi dan semakin hari kian meningkat. Kamu harus meminta pengertiannya dalam hal ini, sehinga dia tidak terlalu sering memintamu untuk membayari setiap pergi kencan. 

Ketiga cara tersebut dapat kamu lakukan untuk menghadapi pacar yang materialistis. Ke depannya jangan sampai kamu semakin dirugikan oleh sifatnya itu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak