alexametrics

Hati-hati, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penghambat Kesuksesan Kamu!

Dream Praire
Hati-hati, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penghambat Kesuksesan Kamu!
Ilustrasi menuju kesuksesan (Pixabay/Geralt)

Sudah bagus jika  kamu punya cita-cita yang jelas. Namun, apakah kamu pernah merasa heran, mengapa sampai saat ini, tujuan kamu terasa semakin jauh? Bisa jadi kamu sebenarnya telah membuat bermacam rencana ke arah sana, tetapi ada beberapa hal yang menghalangi perjalananmu meraih kesuksesan.

Mau tahu apa saja faktor penghambat kesuksesan? Berikut 5 di antaranya yang terinspirasi dari Fearless Soul Motivation:

1. Masa lalu yang buruk

ilustrasi waktu (Pixabay.com/ Comfreak)
ilustrasi waktu (Pixabay.com/ Comfreak)

Kejadian buruk yang sudah terjadi, maupun kesalahan yang pernah dilakukan, tak bisa lagi diubah atau dihapus. Tak ada gunanya terpaku pada masa lalu. Semua itu cukuplah dijadikan sebagai pelajaran untuk tidak melakukan hal yang sama. Ambil hikmahnya dan bergeraklah maju, sesuai rencana yang sudah kamu buat.

2. Penilaian orang lain

ilustrasi memikirkan pendapat orang lain (Pixabay.com/Geralt)
ilustrasi memikirkan pendapat orang lain (Pixabay.com/Geralt)

Menghargai  pendapat orang lain memang tidak salah. Namun, bukan berarti penilaian mereka selalu benar. Kamu harus bisa memilah mana kritik membangun dan mana yang hanya berpendapat sesuai pandangan mereka pribadi, tanpa memperhatikan kepentingan sebenarnya. Apalagi jika opini mereka ternyata berdasarkan kepentingan mereka dengan mengatasnamakan dirimu.

Ikuti kata hati dan percayai instingmu sendiri. Di dunia ini, tidak ada orang lain yang lebih peduli padamu selain dirimu sendiri.

3. Tidak percaya pada kemampuan sendiri

ilustrasi percaya diri (Pixabay.com/Alexas -fotos)
ilustrasi percaya diri (Pixabay.com/Alexas -fotos)

Rasa tidak percaya diri sangat merugikan dan bisa berdampak buruk bagi cita-citamu. Kenali kelebihan yang kamu miliki dan asahlah dengan banyak belajar. Jika diperlukan, usahakan juga meningkatkan kredibilitas dengan meraih pengakuan tertulis. Misalnya sertifikat atau ijazah.

Namun, tidak semua kredibiltas harus melampirkan  sertifikat atau ijazah. Banyak kok orang-orang yang memperoleh pengakuan publik  dalam satu bidang karena talenta dan kerja kerasnya.

Semua tergantung bidang apa yang akan kamu masuki dan ingin berkembang di dalamnya. Dengan bekal yang mumpuni, tentunya kamu tidak perlu ragu lagi untuk memperjuangkan tujuanmu.

4. Hubungan dengan orang lain

ilustrasi hubungan (Pixabay.com/ Chermitove)
ilustrasi hubungan (Pixabay.com/ Chermitove)

Sebagai makhluk sosial, kita memang punya kebutuhan untuk senantiasan berhubungan dengan orang lain. Hal yang dimaksud pada poin ini adalah ada orang yang merasa tidak bisa melakukan apa-apa  jika tak punya pasangan, sahabat ataupun kelompok.

Bukanlah hal yang salah untuk memiliki pasangan, sahabat ataupun kelompok, tetapi lakukan itu hanya jika memang kamu menginginkannya dan baik untuk masa depanmu. Jadi, bukan hanya karena kamu tidak tahan sendirian, lalu membiarkan dirimu ada dalam hubungan yang sama sekali tidak sehat.

5. Uang

ilustrasi uang (Pixabay.com/ Goumbik)
ilustrasi uang (Pixabay.com/ Goumbik)

Semua setuju kalau uang sangat diperlukan. Namun, kamu harus ingat bahwa uang bukanlah satu-satunya faktor yang terpenting. Tidak semua hal bisa diukur dengan uang. Kembalikan kembali pada tujuanmu.

Uang adalah salah satu alat menuju pencapaian cita-cita. Namun, yang berbahaya adalah jika sampai karena uang, kamu justru melakukan segala cara  dan membiarkan hidupmu dikendalikan olehnya. Ini  sudah pasti akan membuatmu menjauh dari tujuan.

Carilah uang dengan hati-hati. Dengan begitu, kamu bisa berpijak pada kebenaran, lalu gunakan dengan bijaksana searah dengan cita-citamu.

Nah, itulah 5 hal yang bisa jadi penghambat kesuksesan kamu. Semoga bisa menginspirasi kamu untuk menghindarinya ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak