alexametrics

4 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Paling Menjanjikan, Apakah Kamu Tertarik?

Anggy Saputro
4 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Paling Menjanjikan, Apakah Kamu Tertarik?
Ilustrasi hukum, Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik (Pixabay)

Ilmu politik merupakan program studi kuliah yang memiliki banyak peluang kerja sangat fleksibel dan terjamin. Pasalnya, ilmu Politik membahas banyak mengenai teori dan praktik, serta deskripsi yang berkaitan dengan politik.

Kebanyakan, para lulusan jurusan ilmu politik ini bisa tetap bertahan di bidangnya sebagai politikus, anggota partai politik, atau bahkan menjadi anggota DPR. Oleh sebab itu, kamu jangan khawatir akan prospek kerja pada prodi ini.

1. Aparat Pemerintahan

Prodi Ilmu Politik biasanya sudah hafal dan paham mengenai seluk-beluk dunia pemerintahan, karena ini menjadi hal yang kerap ditemui oleh mahasiswa. Tidak heran jika lulusannya menghasilkan generasi yang memiliki kemampuan untuk terjun langsung dalam dunia pemerintahan.

Nantinya, mereka akan terlibat secara aktif untuk menjalankan sistem pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Sistem kerjanya, mereka mengatur penetapan kebijakan pemerintahan dengan sebaik-baiknya, serta menjadi wadah bagi masyarakat.

2. Peneliti atau Konsultan Politik

Peneliti atau konsultan politik menjadi salah satu prospek kerja jurusan Ilmu Politik paling menjanjikan. Hal ini dikarenakan, perkembangan dunia politik di Indonesia yang semakin maju, dapat membuat banyak partai politik, calon pemimpin daerah, calon anggota legislatif berkonsultasi atau meminta hasil survei yang bisa menjadi insight penting baik bagi pembuat kebijakan maupun kandidat dalam pemilihan umum (pemilu).

3. Hubungan Masyarakat (Humas)

Public relations atau hubungan masyarakat (humas) merupakan sarana menyebarkan informasi yang terjadi antara individu, organisasi, atau masyarakat luas. Tujuannya, yaitu untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan dan pemegang kekuasaan mempertahankan pendapat atau sudut pandang tertentu mengenai kepemimpinan, produk, bahkan keputusan politik.

4. Aktivis Organisasi Masyarakat atau LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat merupakan lembaga yang sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin terjun ke dalam partai politik. Sebagai lulusan Ilmu Politik, kamu dapat bekerja sebagai organisasi masyarakat atau NGO.  

Lembaga ini bersifat sukarela atau tidak mendapat keuntungan dalam memberikan pelayanan terhadap suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. Sementara, ada organisasi masyarakat yang dibentuk atau dijalankan berbasis masyarakat, tanpa tujuan politis dan atas dasar kesamaan kepentingan.

Adanya LSM dan Ormas ini membuat sebuah struktur organisasi yang baik. Oleh sebab itu, LSM atau Ormas berusaha menjadikan masyarakat ideal dengan kebijakan yang efektif dan tidak memberatkan masyarakat.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk memilih jurusan Ilmu Politik? Masa depanmu adalah pilihanmu sendiri. Semangat dan terus yakin akan kemampuan dan kecintaanmu kepada Ilmu Politik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak