alexametrics

Diperlukan Untuk Keseimbangan Hidup, Ini 7 Hal Baik Menjaga Kesehatan Jiwa

Dream Praire
Diperlukan Untuk Keseimbangan Hidup, Ini 7 Hal Baik Menjaga Kesehatan Jiwa
Ilustrasi jiwa atau siluet seoarang pria (pixabay.com) / Geralt

Hidup adalah tentang keseimbangan. Keseimbangan antara melakukan  berbagai hal dan menjadi diri sendiri. Keseimbangan antara jiwa dan raga. Sebagai manusia, kita semua mempunyai banyak tugas dan kewajiban untuk dilakukan. Tetapi dalam perjalanan itu jangan sampai kita melupakan hal-hal penting dalam hidup dan membiarkan hidup berjalan begitu saja tanpa kita menyadarinya.

Selain kesehatan fisik, kesehatan jiwa kita juga penting untuk dijaga.. Sebab, tanpa keseimbangan antara jiwa dan raga, hidup bisa kehilangan harmonisasi dan keselarasan serta berisiko berakhir pada ketidakbahagiaan. Berikut 7 hal  yang baik untuk kesehatan jiwa.

1. Membaca

ilustrasi membaca (pixabay.com/StockSnap)
ilustrasi membaca (pixabay.com) / StockSnap

Pilihlah buku-buku berkualitas yang akan memberimu banyak pengetahuan, membuka pikiran dan membantumu memaknai kebahagiaan. Buku biografi orang-orang sukses akan memberimu inspirasi tentang bagaimana mereka menjalani hidup dan strategi yang mereka gunakan untuk meraih kesuksesan. Kamu bisa  menerapkan cara-cara mereka yang sesuai dengan dirimu untuk menjalani hidup.

Selain itu banyak manfaat lain dari membaca seperti meningkatkan memori, mengurangi stres meningkatkan konsentrasi bahkan bisa mempengaruhi keterampilan menulis.

2. Bersyukur

ilustrasi bersyukur (pixabay.com/4653867)
ilustrasi bersyukur (pixabay.com) / 4653867

Bersyukur adalah kekuatan besar yang memberi dampak signifikan dalam hidup. Bersyukur adalah cara instan untuk bisa merasakan kebahagiaan. Banyak sekali hal untuk kita syukuri dalam hidup ini.

Cobalah untuk menulis setiap pagi tiga hal yang patut kamu syukuri. Setiap hari kamu akan menemukan semakin banyak hal-hal  untuk disyukuri dalam daftarmu. Jika kamu rutin melakukan ini dan benar-benar meresapi perasaan bersyukur, hidupmu akan berubah menjadi lebih baik.

Bersyukur juga memberi manfaat bagi kesehatan karena memberikan perasaan positif, percaya diri dan baik untuk fisik.

3. Meditasi

ilustrasi meditasi (pexels.com/ Felipe Barges)
ilustrasi meditasi (pexels.com) / Felipe Barges

Meditasi sangat baik untuk jiwa karena saat bermeditasi merupakan saat pikiran benar-benar tenang, Meditasi melatih kesabaran  dan perasaan damai.

Meditasi bisa dilakukan di mana saja yang memungkinkan untuk  tenang.  Meditasi juga  relatif tidak membutuhkan biaya.  Untuk bisa bermeditasi perlu berlatih untuk mengatur emosi dan pikiran. Apabila sulit,  dapat dicoba berkonsultasi kepada ahlinya agar menemukan jenis meditasi yang tepat.

4. Belas kasih

ilustrasi kasih sayang (pexels.com/ Sharon)
ilustrasi kasih sayang (pexels.com) / Sharon

Menunjukkan rasa belas kasih  sangat sempurna untuk jiwa. Karena itu mengingatkanmu bahwa tidak semua hal dalam kehidupan ini tentang dirimu saja. Belas kasih  erat kaitannya dengan pemberian dan pengertian, mencoba mengerti bahwa setiap manusia suatu waktu bisa berada dalam keadaan sulit. 

Lihatlah sisi baik dari orang lain.  Terima mereka apa adanya bukan hanya fokus pada  reaksi mereka atas suatu kejadian dan tidak terpaku pada kekurangan. Kamu bisa memutuskan kepada siapa kamu akan menunjukkan kepedulian setiap hari dan lihat bagaimana itu bisa merubah kehidupanmu sendiri.

5. Tertawa

ilustrasi tertawa (unsplash.com/ Stormy All)
ilustrasi tertawa (unsplash.com) / Stormy All

Tertawa adalah  ekspresi kebahagiaan sejati yang baik untuk jiwa.  Cobalah lebih rileks dan menikmati kehidupan. Sebarkan lebih banyak tawa dan bergaullah dengan orang-orang yang menyenangkan.  Selipkan humor dalam kegiatan sehari-hari.

Secara medis, tertawa juga memberi efek baik bagi kesehatan tubuh. Dengan tertawa, kamu telah berolahraga walau kamu tidak menyadarinya karena saat tertawa tubuh melatih otot diafragma, mengontraksi otot bahu dan perut serta melatih  jantung.

6. Kebaikan 

llustrasi kebaikan (pexels.com/ Roman Carey)
llustrasi kebaikan (pexels.com) / Roman Carey

Kebaikan yang tulus bisa merubah banyak hal buruk. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang dengan jiwa murni dan  hati spesial. Tanyakan kepada dirimu kepada siapa kamu akan berbuat baik hari ini, juga esok hari.

Kebaikan tidak harus selalu berupa hal-hal besar. Banyak kebaikan-kebaikan kecil tetapi memberi dampak besar bagi kehidupan orang lain. 

7. Bersikap riang

ilustrasi orang riang (unsplash.com/ Antonino Visalli)
ilustrasi orang riang (unsplash.com) / Antonino Visalli

Riang dan tidak selalu serius. Bukan berarti menganggap semua hal menjadi remeh. Bukan pula bersikap tidak peduli pada penderitaan orang lain atau tidak mau tahu tentang perkembangan dunia. Maksudnya adalah ketika kamu sedang bersama orang yang kamu sayangi, hentikan membicarakan hal-hal negatif di masa lalu.

Cobalah tidak selalu cemas dan khawatir akan bayangan kemungkinan hal buruk di  masa depan. Benar-benar hidup  dan ada untuk saat ini dan menikmati sepenuh hati momen  sekarang. Jangan terlalu peduli penilaian orang lain. Sebarkan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarmu .

Nah, itulah 7 hal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jiwa. Semoga bisa menginspirasi ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak