alexametrics

Jadi Penghambat Sukses, Ini 4 Tanda Kamu Masih Punya Sifat Minder!

Susanti ..
Jadi Penghambat Sukses, Ini 4 Tanda Kamu Masih Punya Sifat Minder!
Ilustrasi seorang pria yang kerap minder (unsplash.com) / Brooke Cagle

Setiap orang diciptakan dengan potensi dan berbagai kelebihan. Hanya saja, kadang kala pola pikir diri sendirilah yang jadi penyebab kenapa potensi itu jadi terpendam, menyebabkan kamu belum meraih sukses.

Di antara hal yang bisa jadi penghambat sukses adalah sifat minder atau kepercayaan diri yang rendah. Apakah kamu termasuk yang minder? Cari tahu lebih jauh lewat tanda-tanda berikut ini!

1. Saat berbeda pendapat, kamu memilih diam

Hal pertama yang bisa mencirikan kalau kamu memiliki kepercayaan diri yang rendah atau mudah minder, yakni tidak punya keberanian untuk menyatakan pendapat. Misalnya, dalam rapat di kantor, kamu punya opini yang berbeda dengan rekan kerja yang lain. Alih-alih menyatakan pendapat, kamu malah diam.

Padahal, bisa jadi pendapatmu itu bagus dan dapat mendukung kariermu sendiri. Mulai sekarang, coba deh lebih berani menyatakan pendapat. Tak masalah jika idemu itu diterima atau tidak. Setidaknya, dengan kamu speak up, itu sudah jadi poin plus tersendiri karena kamu berhasil membuktikan keberanianmu.

2. Kamu tidak puas dengan penampilanmu

Meskipun banyak orang bilang kamu cantik atau tampan, tapi tiap kali kamu melihat di depan cermin, selalu saja merasa ada yang kurang. Hidungmu kurang mancung, dagumu terlalu lancip, matamu berkantung, dan sebagainya.

Itu bisa jadi tanda kalau kamu belum mencintai diri sendiri, lho! Kamu tidak nyaman dengan penampilan atau bentuk tubuh yang hakikatnya adalah pemberian Tuhan.

3. Kamu mudah terpengaruh oleh kritikan

Sikap antikritik itu tidak baik, karena bisa membuatmu tak berkembang. Akan tetapi, terlalu memakan mentah-mentah kritikan pun sebaiknya dihindari.

Meskipun ada yang menyampaikan kritikan dengan niat tulus untuk melihatmu lebih baik lagi, tapi tak sedikit pula yang melakukannya karena ingin melihatmu jatuh. Untuk itu, kamu perlu menyaring dengan cermat kritikan yang masuk kepadamu. Jangan mudah terpengaruh!

4. Kamu selalu khawatir pasangan akan meninggalkanmu

Ciri lain kalau kamu minder, bisa terlihat dari sikapmu ketika menjalin asmara. Bila selama ini selalu didera kekhawatiran bila nanti dia akan meninggalkanmu, hal itu bisa disebabkan karena kamu tidak merasa layak dicintai, sehingga takut kalau dia nanti akan berpaling.

Gimana, dari tanda-tanda tadi adakah yang kamu alami? Cobalah sering berpikir positif supaya kamu bisa mengatasi mindermu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak