alexametrics

5 Tips Sederhana Mengusir Rasa Malas, Segera Atasi Sebelum Mengganggu Aktivitas!

Zahrin Nur Azizah
5 Tips Sederhana Mengusir Rasa Malas, Segera Atasi Sebelum Mengganggu Aktivitas!
Ilustrasi Bersantai (Unsplash) / Adrian Swancar

Setelah beraktivitas seharian, pastinya tubuh akan lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat. Bersantai sejenak sambil mengistirahatkan tubuh agar bisa kembali bertenaga sangat diperlukan. Namun, beda lagi jika kamu sering bersantai atau rebahan tanpa alasan yang jelas. Kalau sudah seperti itu namanya malas. Terlebih, kalau rasa malasmu sudah mengganggu aktivitas. 

Rasa malas itu sendiri bisa datang kapan saja dan mungkin merupakan hal yang normal. Namun, kamu tidak mau, kan, segala sesuatu menjadi berantakan hanya karena kamu malas? Kalau begitu, artinya kamu harus melawan rasa malasmu itu. 

Seringkali kita sudah bertekad untuk tidak malas, tapi yang ada malah berakhir tidak melakukan apa-apa seperti bermain gadget sambil rebahan. Yuk, coba simak 5 langkah sederhana ini yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa malas berikut ini,

1. Atur jadwal agar lebih terorganisir

Mengatur jadwal adalah langkah untuk membuatmu bisa membagi antara waktu bekerja dan juga beristirahat. Kamu bisa membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan seharian. Kamu juga bisa menambahkan detail waktu kapan mulai dan berakhirnya suatu kegiatan. Membuat jadwal tertulis dilakukan agar kamu bisa benar-benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sehingga waktumu seharian jadi tidak terbuang sia-sia.

2. Hindari segala gangguan

Lingkungan kerja yang mendukung akan membuatmu merasa lebih bersemangat. Begitu pula sebaliknya, jika terdapat banyak gangguan maka bisa membuatmu malas. Buat tempat kerjamu senyaman mungkin sehingga kamu merasa lebih bersemangat dan tidak akan malas lagi.

Tips sederhana jika kamu bekerja dari rumah atau work from home. Usahakan ketika bekerja jangan di kamar tidur. Biasanya ketika mulai merasa lelah, kita akan melirik tempat tidur dan malah berakhir tiduran. Kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu di ruang kerja (jika punya) atau tempat lain yang sekiranya nyaman untuk bekerja. 

3. Selalu berpikiran positif

Rasa malas bisa timbul jika kita sering berpikiran negatif. Biasanya orang yang berpikiran seperti ini akan merasa tidak akan bisa menyelesaikan tugasnya. Mereka merasa akan gagal terus, maka hal inilah yang membuat pekerjaan terus tertunda-tunda. Bukan dihadapi, tapi yang ada malah dihindari. Rasa malasmu ini tentu saja sudah mengganggu aktivitas dan membuat segalanya berantakan.

Coba ubah pemikiran tersebut menjadi lebih positif. Pikirkan bahwa tugas tersebut mudah dan kamu bisa mengerjakannya. Tidak perlu harus sempurna, yang penting kamu kerjakan dan tugasnya terselesaikan.

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Dengan begitu, pikiran negatif bisa hilang dan tergantikan dengan pemikiran positif bahwa kamu bisa menyelesaikan semua tugas dengan mudah.

4. Jadikan pekerjaan yang membosankan terasa menyenangkan

Kita cenderung menghindari tugas-tugas yang dianggap membosankan, sehingga tanpa sadar terus menundanya dan tidak segera mengerjakannya. Kalau begitu, coba buat tugas yang membosankan tadi terasa lebih menyenangkan.

Kamu bisa mengerjakan tugasmu sambil mendengarkan musik. Berolahraga sambil menggunakan aplikasi pelacak agar tahu berapa banyak kalori yang terbakar. Kamu juga bisa mengerjakan pekerjaanmu bersama dengan orang lain.

5. Self-reward

Cara terakhir adalah untuk memberikan semangat agar cepat menyelesaikan pekerjaan, yaitu dengan menghadiahi diri sendiri. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli sesuatu.

Kamu bisa bermain gim atau sekadar pergi jalan-jalan dengan temanmu atau keluargamu. Hal terpenting dari ini adalah memberikan penghargaan pada diri sendiri setelah menyelesaikan berbagai pekerjaan berat hari ini.

Rasa malas bukanlah hal yang buruk, setiap orang juga membutuhkan satu hari untuk bersantai dari segala kesibukan. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai rasa malas mengganggu aktivitasmu atau membuat segalanya berantakan. Jadi, jangan malas-malasan lagi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak